Los Angeles (ANTARA News) - Penyanyi R&B peraih Grammy, Etta James menderita sakit parah, kata dokter pribadinya di dalam satu wawancara pekan ini saat itu mengkonfirmasi laporan mengenai kesehatan penyanyi itu, yang kian buruk.

Dr. Elaine James, yang tak memiliki hubungan darah dengan penyanyi tersebut, mengatakan kepada surat kabar California di dalam wawancara video bahwa penyanyi "At Last" yang berusia 73 tahun menderita sakit leukimia, dementia dan ginjal, selain "banyak penyakit lain".

"Saat ini, Etta dipandang menderita sakit yang bisa merenggut jiwa," kata dokter itu kepada harian Press-Enterprise di Riverside, California, sebelah timur Los Angeles, demikian laporan Reuters --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu. Dr. James menambahkan diagnosis tersebut dibuat sekitar dua pekan sebelumnya oleh tiga ahli medis, termasuk seorang ahli onkologi dan penyakit dalam dari rumah sakit setempat tempat penyanyi itu seringkali dirawat.

Dua putra Etta James, Donto dan Sametto, mengatakan kepada Reuters pada Jumat bahwa mereka tak yakin bahwa diagnosis penyakit mematikan itu akurat dan itu diumumkan tanpa kesepakatan dengan keluarga Etta.

Kedua putra penyanyi tersebut saat ini terlibat proses pengadilan dengan ayah tiri mereka, Artis Mills, mengatakan hak tanggung jawab atas rumah Etta, yang bernilai satu juta dolar AS.

Kedua putranya juga sepakat bahwa kesehatan ibu mereka memburuk dan merasa bahwa Etta James mesti dirawat di rumah sakit dan bukan menjalani perawatan di rumahnya di Riverside.

Dengan lagu seperti "The Wallflower" dan "Good Rockin` Daddy", Etta James, peraih tiga Grammy, menjadi tokoh penting pada awal kemunculan musik rock `n` roll dan mendapat penghormatan Rock and Roll Hall of Fame pada 1993.

Penyanyi itu telah berjuang melawan kegemukan dan kecanduan heroin sepanjang hidupnya. Ia kehilangan lebih dari 200 pon setelah menjalani operasi bypass lambung pada 2003.
(C003/A011)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011