Jakarta (ANTARA/JACX) - Pembahasan tentang mahluk purba, dinosaurus, sangat menggelitik bagi semua kalangan baik anak-anak, remaja, hingga usia dewasa karena pengetahuan yang ada berasal dari peninggalan fosil-fosil.

Dinosaurus bahkan menjadi budaya populer dengan kemunculan filmnya pertama kali pada 1914 dengan judul Brute Force dan lantas populer dalam film Jurrasic Park pada 1993.

Keberadaan dinosaurus pada masa sekarang setelah kepunahan mereka sekira 66 juta tahun lalu juga masih menyisakan pertanyaan dan terus dikaji kabsahannya, seperti pada salah satu video yang muncul di media sosial.

Dalam unggahan akun @ZombieAviator pada 5 Mei 2022, video yang menampilkan hewan-hewan kecil berlari-lari di pantai diklaim sebagai penampakan dinosaurus.

Video itu menampilkan hewan yang sekilas punya leher panjang dan empat kaki kecil melewati genangan air.

"Dinosaurus terlahir kembali," demikian keterangan narasi yang menyertai unggahan itu.

Namun benarkah dinosaurus terlahir kembali sebagaimana ditampilkan pada unggahan video di Twitter itu?
 
Unggahan hoaks yang menampilkan video hewan diklaim sebagai penampakan dinosaurus yang terlahir kembali. Faktanya, hewan itu adalah coati yang berjalan mundur. (Twitter)



Penjelasan:
Penelusuran ANTARA, hewan tersebut bukanlah dinosaurus kecil dengan leher panjang, melainkan hewan coati sebangsa rakun.

Coati, sebagaimana dikutip dari situs Kebun Binatang San Diego, California AS, hidup di Amerika Tengah dan Amerika Selatan dengan habitat di daerah lembab seperti hutan tropis.

Video coati berlari-lari di tepi pantai itu tampak seperti dinosaurus karena telah mengalami penyuntingan dengan teknik durasi mundur atau coati itu berjalan mundur.

Ekor coati setelah disunting dengan teknik durasi mundur itu tampak menyerupai leher panjang dinosaurus.

Penelusuran di YouTube, ditemukan unggahan video berjudul "Coatis in Reverse with Jurrasic Park Theme" telah diunggah sejak 2019.

Dengan demikian, klaim yang menyatakan dinosaurus terlahir kembali sebagaimana disebut pada akun Twitter itu adalah hoaks.

Klaim: Dinosaurus terlahir kembali
Rating: Hoaks atau salah

Cek fakta: Hoaks! Binatang tanda hari kiamat telah muncul

Baca juga: Ahli paleontologi identifikasi spesies stegosaurus baru di China

Baca juga: Fosil naga laut terbesar ditemukan di Inggris Raya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022