Kami berharap Indonesia dan ASEAN dapat menjalin kerja sama yang erat dengan Kanada untuk memastikan pemulihan ekonomi yang pesat di kawasan.
Belitung (ANTARA) - Indonesia mengajak Kanada untuk mempererat kerja sama dengan Indonesia dan ASEAN, terutama untuk menjamin pemulihan ekonomi global pascapandemi COVID-19 dapat dirasakan oleh negara-negara ASEAN dan Kanada.

“Kami berharap Indonesia dan ASEAN dapat menjalin kerja sama yang erat dengan Kanada untuk memastikan pemulihan ekonomi yang pesat di kawasan,” kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi lewat keterangannya diterima di Belitung, Senin.

Mendag berharap dapat bekerja sama dengan Kanada dan bersama-sama mendorong pemulihan ekonomi kawasan di 70 tahun umur hubungan kerja sama antara Indonesia dan Kanada.

Hal tersebut disampaikan Mendag dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Usaha Kecil, Promosi Ekspor, dan Perdagangan Internasional (Minister of Small Business, Export Promotion and International Trade) Kanada Mary Ng.

Baca juga: Kanada larang perdagangan barang mewah tertarget dengan Rusia

Pertemuan bilateral tersebut diadakan di sela-sela Pertemuan Menteri-Menteri Perdagangan APEC (APEC MRT) di Bangkok, Thailand pada 21–22 Mei 2022.

Lutfi mengatakan, ada empat hal yang diperlukan untuk mendukung pemulihan ekonomi kawasan. Pertama, digitalisasi yang dijalankan karena ekonomi digital berperan sangat penting untuk menjalankan aksi pemulihan dan mengantisipasi kendala-kendala di masa depan.

Kedua, sektor kesehatan yang harus diperkuat sehingga dapat menanggulangi krisis yang tidak terduga. Ketiga, investasi yang memegang prinsip level playing field bagi negara berkembang maupun negara maju.

Keempat, inklusivitas dan keberlanjutan yang harus diwujudkan agar sustainable development goals dapat segera dicapai dan kesejahteraan bersama tahun 2030 dapat diraih.

Baca juga: Menko Airlangga bertemu Menteri Ekonomi Arab Saudi perkuat kerja sama

Selain membahas pemulihan ekonomi, hal lain yang dibahas dalam pertemuan Mendag Lutfi dengan Menteri Ng adalah perkembangan terkini mengenai Perundingan Persetujuan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Kanada (ICA–CEPA).

Mendag Lutfi mengapresiasi jalannya perundingan pertama pada 14–19 Maret 2022 lalu yang berhasil mencari kesamaan pandangan kedua negara terhadap kebijakan perdagangan. Putaran kedua perundingan diagendakan pada paruh kedua 2022.

Turut dibahas perkembangan terbaru terkait persiapan Perundingan Persetujuan Perdagangan Bebas antara ASEAN dan Kanada (ACAFTA).

Baca juga: Mendag gelar pertemuan khusus menteri ekonomi ASEAN di Bali

Tim perunding ASEAN dan Kanada telah menyelesaikan dokumen Terms of Reference untuk Komite Perundingan Perdagangan, Rencana Kerja Tahun 2022, dan Struktur Perundingan ACAFTA. Ketiga dokumen tersebut menjadi dokumen yang akan mendasari jalannya perundingan-perundingan ACAFTA mendatang.

“Indonesia ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kanada karena telah menunjukkan fleksibilitas bagi jalannya diskusi terkait dokumen-dokumen tersebut di tengah perbedaan-perbedaan yang ada dan isu-isu yang sensitif,” kata Mendag Lutfi dalam pertemuan bilateral tersebut.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022