Nanning, China (ANTARA) - Populasi langur berkepala putih yang terancam punah di China telah bertambah menjadi sekitar 1.300 ekor, menurut cagar alam nasional langur berkepala putih di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan.

Langur berkepala putih merupakan salah satu spesies primata yang paling terancam punah di dunia. Pada 1980-an, populasi spesies itu menyusut menjadi sekitar 300 ekor akibat deforestasi, reklamasi lahan dan perburuan liar.

Dengan ciri khas rambut putih di kepala mereka, hewan itu dapat dijumpai di perbukitan karst di antara sungai Zuojiang dan Mingjiang di Kota Chongzuo, Guangxi.

Pada 2005, cagar alam tingkat regional untuk melindungi primata langka itu didirikan di Chongzuo. Statusnya kemudian ditingkatkan menjadi cagar alam nasional pada 2012.

Sejauh ini, habitat seluas 46,67 hektare telah dipulihkan di dalam cagar alam tersebut demi kepentingan langur. Sebuah koridor ekologis juga telah dibangun, bersama dengan taman botani yang menyediakan sumber makanan dan sistem pemantauan video jarak jauh.

Hal itu dilakukan untuk membantu mengatasi masalah fragmentasi habitat serta mendukung pengelolaan dan perlindungan langur berkepala putih. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022