New York (ANTARA News) - New York akan mencatat rekor 50 juta wisatawan pada akhir tahun 2011, kata Walikota New York, Michael Bloomberg, Selasa. Jumlah 50 juta wisatawan itu naik sekitar 1,5 juta dari tahun lalu, meskipun perekonomian global melambat.

New York yang juga dikenal dengan julukan "Big Apple" merupakan tempat tujuan wisata paling populer di Amerika Serikat, kata badan pariwisata NYC & Company, yang memperkirakan kota itu akan menarik 10,1 juta wisatawan internasional dan 40,1 juta pengunjung domestik pada akhir tahun.

"Kualitas hidup kota New York City telah memberikan kontribusi untuk sukses besar ini dan kami yakin kami akan mempertahankan keberhasilan industri pariwisata kami dalam bulan dan tahun-tahun mendatang," kata Bloomberg mengatakan dalam sebuah pernyataan.

New York City juga berada pada jalur yang tepat untuk menghasilkan 32 miliar dolar AS untuk belanja wisatawan dan industri pariwisata membantu mendukung sekitar 320 ribu pekerjaan. Jumlah tertinggi wisatawan internasional berasal dari Inggris dengan lebih dari satu juta orang sepanjang tahun 2011.

Sejak tahun 2006 jumlah kamar hotel di New York telah meningkat seperempat menjadi 90 ribu. Tahun ini kota ditargetkan menjual 27 juta kamar hotel, naik 4,5 persen dari 2010. (G003)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011