Jakarta (ANTARA News) - Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Nurhadi, Kamis dilantik menjadi Sekretaris MA menggantikan pejabat sebelumnya, Rum Nessa.

Posisi panitera MA juga diganti dari Suhadi ke Soeroeso Ono yang sebelumnya menjabat sebagai Panitera Muda Pidana Khusus, kemudian Kepala Biro Urusan Administrasi dijabat oleh Aco Nur yang sebelumnya adalah Kepala Biro Kepegawaian.

Kemudian, Siti Nurjanah menduduki jabatan baru sebagai Kepala Bagian Litbang dan Diklat MA dan jabatan sebelumnya Sekretaris Badilum MA.

Ketua MA, Harifin A Tumpa, seusai acara pelantikan pejabat eselon I dan II MA di Jakarta, Kamis, menyatakan hakim tinggi tidak lagi menjabat sebagai sekretaris MA guna tidak mengganggu kinerjanya untuk urusan administrasi.

"Sekretaris MA sekarang, dari pejabat administrasi biasa," katanya.

Ia menyatakan perubahan tersebut merupakan perubahan yang cukup mendasar namun untuk posisi panitera MA sendiri tetap dipegang oleh hakim tinggi.

"Panitera harus tetap hakim," katanya.

Di dalam acara itu sendiri, Harifin menyebutkan soal perkara yang menumpuk hingga agar mereka yang dilantik untuk membantu menyelesaikannya.

"Saya berharap pendistribusian perkara bisa sesuai kebutuhan," katanya.

Ia menyebutkan setiap tahunnya perkara yang ditanganin MA terus meningkat seperti pada 2006 perkara yang masuk hanya sekitar enam ribu perkara kemudian pada 2010 meningkat hingga sekitar 13 ribu perkara.

(R021)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011