Jakarta (ANTARA) - Ada sejumlah berita penting dan menarik pada hari kemarin di bidang ekonomi yang informasinya masih layak untuk disimak kembali pada pagi ini mulai dari BI pertahankan suku bunga acuan, Presiden minta anggaran tidak dibelikan barang impor, aliran modal asing keluar 1,2 miliar dollar AS, hingga Elon Musk dan Bill Gates akan hadiri B20 Summit Bali.


BI pertahankan suku bunga acuan 3,5 persen

Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI7DRR) di level 3,5 persen dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 23-24 Mei 2022. Bank sentral juga tetap mempertahankan suku bunga lainnya, yakni deposit facility di level 2,75 persen dan suku bunga lending facility di level 4,25 persen.

Baca informasi lebih lengkapnya di sini.


Presiden: APBN, APBD, anggaran BUMN, jangan dibelikan barang impor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan APBN, APBD, dan anggaran BUMN, berasal dari uang rakyat sehingga keliru besar jika dibelanjakan untuk produk-produk impor. “Seperti yang saya sampaikan di Bali, karena ini uang rakyat, APBN, APBD, BUMN, ini uang rakyat ya jangan toh kita belikan barang-barang impor, keliru besar sekali kita kalau melakukan itu," kata Presiden Jokowi.

Baca berita lengkapnya di sini.


BI: Aliran modal asing keluar capai 1,2 miliar dolar AS

Bank Indonesia (BI) mencatat terdapat aliran modal asing bersih keluar atau net outflows pada April hingga 20 Mei 2022 sebesar 1,2 miliar dolar AS. "Aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik tertahan seiring ketidakpastian pasar keuangan global yang tinggi," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo.

Baca berita lengkapnya di sini.


Elon Musk hingga Bill Gates konfirmasi hadir di B20 Summit Bali

Chair of B20 Indonesia Shinta Kamdani menyampaikan bahwa sejumlah pebisnis top level seperti pendiri SapceX Elon Musk hingga pendiri Microsoft Bill Gates telah mengonfirmasi kehadiran pada B20 Summit di Bali pada November mendatang. “Kita sangat gembira karena Elon Musk sudah bersedia untuk hadir juga di B20,” kata Shinta kepada media usai B20 Indonesia Business & Investment Forum di Davos Swiss.

Baca berita lengkapnya di sini.


Presiden: Inflasi terkendali karena pemerintah tahan harga BBM-listrik

Presiden Joko Widodo menyampaikan inflasi Indonesia yang terkendali saat ini di kisaran 3,5 persen (year on year/yoy) karena upaya pemerintah dalam menahan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), gas dan juga listrik meskipun harga komoditas energi dan pangan meningkat di pasar global. “Kita alhamdulillah (inflasi) masih di 3,5 persen, patut kita syukuri karena kita tahan (harga) Pertalite, tahan gas, tahan listrik. Begitu kita ikutkan ke harga keekonomian, pasti inflasi kita akan mengikuti,” kata Presiden Jokowi.

Baca informasi lengkapnya di sini.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022