Jakarta (ANTARA) - Program Alumni Talenta Muda Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan membina dan mengembangkan talenta-talenta muda di bidang riset dan inovasi di daerah-daerah di Indonesia dalam rangka mendukung pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang unggul.

"Dibutuhkan peran alumni kegiatan pembinaan ilmiah bersama BRIN untuk bisa bergerak secara menyeluruh di setiap daerah dan menjadikan basis alumni sebagai instrumen yang dapat membangun talenta muda daerah," kata Direktur Manajemen Talenta BRIN Arthur Ario Lelono di Webinar Talenta Muda Berkarya yang diikuti secara virtual di Jakarta, Rabu.

Pembangunan talenta muda di daerah tersebut dapat dilakukan dengan sosialisasi, pendidikan bersama hingga pelatihan yang terintegrasi guna membangkitkan rasa keingintahuan, peningkatan kemampuan dini dan wawasan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Arthur menuturkan Program Alumni Talenta Muda akan membentuk komunitas riset dan inovasi, dan menjadi wadah untuk meningkatkan kolaborasi dan silaturahim para talenta muda di Indonesia.

Baca juga: BRIN: Talenta muda bantu atasi masalah daerah dengan riset dan inovasi

Program Alumni Talenta Muda dibuat untuk menciptakan komunitas bagi para talenta muda riset dan inovasi, yang merupakan alumnus program pembinaan dari lembaga-lembaga riset yang saat ini telah terintegrasi menjadi BRIN.

"Kita menyiapkan bagaimana anak-anak muda yang hebat yang juara di berbagai tempat bisa kemudian saling berhubungan, saling berkomunikasi, saling berinteraksi, saling memberikan pengaruh yang baik, bagaimana kita bisa saling membangun," ujar dia.

Para alumnus tersebut dapat memberikan inspirasi, dorongan, pembinaan serta menularkan praktik-praktik baik dalam kegiatan riset dan inovasi kepada anak-anak muda di daerah-daerah sehingga mereka termotivasi dan terinspirasi untuk menekuni bidang riset dan inovasi.

Para alumnus juga bisa berbagi pengalaman, strategi, suka duka, dan kiat-kiat untuk bangkit hingga proposal penelitian bisa diterima dan memenangi kompetisi kepada anak-anak muda di daerah.

"Mungkin nanti jadi bagian dari mentor, jadi bagian dari tim teaching (pengajaran) dari para instruktur dan fasilitator dan bagaimana bisa saling menguatkan," tutur Arthur.

Diharapkan dengan semakin banyaknya talenta muda Indonesia bidang riset dan inovasi maka semakin meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan mampu berkontribusi bagi kemajuan dan pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

"Kami berharap alumni-alumni pembinaan talenta dapat memberikan dorongan yang baik dan inspirasi yang baik bagi mereka yang ingin mengikuti jejak para alumni," ujarnya.

Baca juga: BRIN ajak talenta muda andil majukan bangsa Indonesia
Baca juga: BRIN buat Program Alumni Talenta Muda ciptakan komunitas riset-inovasi
Baca juga: Kemdikbudristek dorong talenta muda unggul dan berdaya saing tinggi

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022