Sentani (ANTARA News) - Perayaan ibadah Natal 25 Desember 2011 di sejumlah gereja-gereja di Jayapura, Papua, berlangsung aman dan lancar meskipun daerah ini digujur hujan sejak pukul 09.00 waktu Indonesia Timur (Wit).

Dari pantauan di beberapa gereja di Kota Sentani, seperti di Gereja Marthen luther nampak ratusan umat Kristiani mengikuti ibadah perayaan Natal tetap khusuk dan khidmat mengikuti acara demi acara.

Begitu pun pihak kepolisian dari Polres Jayapura yang mengamankan jalannya ibadah Natal tetap menjalankan tugasnya baik mengatur lalulintas maupun yang berjaga disetiap gereja meksipun hujan deras.

Kepala Bagian Operasional Polres Jayapura Hapry.L mengatakan untuk memberikan keamanan bagi umat kristiani yang melaksanakan ibadah Natal pihaknya menurunkan anggotanya yang disebar di seluruh gereja di daerah ini.

"Pengamanan kami telah mulai dari H-1 pelaksanaan Natal, semua anggota di sebar di semua gereja terutama di Kota Sentani," katanya.

Selain itu, kata dia, seluruh toko-toko minuman keras (Miras) di Kota Sentani diimbau untuk tidak buka selama pelaksanaan Natal.

Ia mengatakan, umat kristiani yang di Jayapura tidak ingin melewatkan hari kemenangan ini, karena dari Malam Kudus hingga pada puncak peringatan hari ini terlihat memadati gereja-gereja.

Seperti hari ini, kata dia, meskipun Kota Sentani dikhujur hujan dari pagi, namun tidak mengurangi niat mereka untuk beribadah Natal.

"Hujan bukan alasan, kalau memang sudah berniat tidak masalah, apalagi hari raya Natal hanya satu kali satu tahun jadi beruntung kita masih dapat tahun ini, tahun depan belum tentu," kata Pendeta Robi.

Menurutnya, seluruh umat kristiani harus mengikuti perayaan Natal 25 Desember 2011, karena belum tentu tahun depan dicapai.

(KR-HLM)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011