London (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggandeng Bombardier Transportation AG untuk merakit TRAXX Asia Locomotives yang menggunakan tenaga diesel-elektrik.

KAI akan berpartisipasi dalam perakitan akhir TRAXX Asia Locomotives untuk memenuhi kebutuhan KAI, selain membidik pasar lokomotif di pasar Asia Tenggara, kata Counsellor Fungsi Pensosbud KBRI Berlin, Ayodhia GL Kalake, kepada ANTARA, Minggu.

Dia mengatakan kerja sama tersebut direalisasikan setelah ada penandatanganan MOU antara KAI dengan Bombardier Transportation AG yang dilakukan baru baru ini di Kantor Bombardier Transportation AG, Kassel, Jerman.

KAI diwakili Direktur Utama Ignasius Jonan, sedagkan Bombardier Transportation AG diwakili Ike Wennberg, President Locomotives, Light Rail Vehicles and Equipment Division.

Tindak lanjut dari kerja sama ini adalah pembentukan Joint Operation Agreement antara KAI dan Bombardier dan rencana pembukaan pabrik untuk perakitan akhir TRAXX Asia Locomotives di Surabaya, Jawa Timur awal 2012.

Dubes RI, Dr. Eddy Pratomo, menyambut baik penandatanganan kerja sama tersebut dan pembukaan pabrik perakitan akhir TRAXX Asia Locomotives di Surabaya tahun depan.

Dia menyebut ini adalah langkah awal bagi PT. KAI untuk go international menerobos pasar Asia Tenggara dalam penjualan lokomotif dengan teknologi canggih Jerman tersebut.

Delegasi KAI dan sejumlah Staf KBRI Berlin mengunjungi fasilitas produksi untuk rangkaian kereta di Hennigsdorf dan meninjau proses produksi dan pengujian motor penggerak lokomotif dan kereta listrik yang diproduksi Bombardier Transportation AG.(*)

H-ZG/A027

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011