Jakarta (ANTARA News) - Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK) yang dirintis oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo kini dirasakan manfaatnya oleh para penerima program itu dan pemangku kentingan di wilayah Jakarta sampai masyarakat kalangan bawah.

Ketua Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Ahmad Fadli HS mengemukakan hal itu dalam keterangan tertulisnya Senin.

Dia memengatakan bahwa Karang Anyar menerima dana hibah sebesar Rp363.500.000, yang sudah ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1407 tahun 2011 tentang alokasi dana PPMK tahun 2011 sudah disalurkan.

"Program yang dirintis sejak lama oleh beliau (Foke) sudah disalurkan, Rabu 21 Desember 2011 di Aula Kelurahan kemarin," katanya.

Dana PPMK tersebut digunakan untuk 50 kegiatan bina fisik dan 40 kegiatan bina sosial sesuai dengan DURK (Daftar Usulan Rencana Kegiatan) yang diajukan oleh masyarakat melalui KPPM yang berada di setiap RW (Rukun Warga).

Kegiatan fisik yang dimaksud adalah pembuatan MCK umum, pengerukan saluran air, pembuatan lobang biopori, penghijauan, perbaikan sarana olahraga, perbaikan balai warga, perbaikan jalan dan lain sebagainya.

Sementara kegiatan bina sosial diantaranya adalah penguatan kelembagaan, pelatihan komputer, pelatihan tata boga, penyuluhan narkoba dan kenakalan remaja/tawuran, pelatihan memandikan jenazah, pelatihan servis handphone, pelatihan mengemudi mobil, pelatihan keterampilan daur ulang, pelatihan seni budaya, pelatihan dasar kepemimpinan dan lain sebagainya.

Fadli berharap agar seluruh komponen masyarakat Karang Anyar seperti RT, RW, PKK, Karang Taruna dan tokoh masyarakat mendukung kegiatan PPMK agar PPMK tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh terutama kegiatan bina sosial yang diharapkan dapat meningkatan kualitas SDM masyarakat Karang Anyar.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011