Beijing (ANTARA News) - Juara liga Super China, Guangzhou Evergrande, berencana menyodorkan tawaran kepada penyerang Chelsea, Didier Drogba (33), setelah rival mereka Shanghai Shenhua membeli Nicolas Anelka (32).

Bulan ini Shanghai Shenhua merekrut mantan rekan setim Drogba di Chelsea, Anelka, dalam transaksi paling fenomenal dalam Liga China.

Kini Guangzhou Evergrande berencana menyaingi Shanghai dengan melakukan pembelian yang lebih dramatis untuk mendatangkan Drogba ke Cina, menjelang Liga Champions Asia tahun depan, demikian disampaikan Yancheng Evening News.

Klub Cina Selatan ini, yang bermarkas dekat Hong Kong, tidak memberi komentar ketika dihubungi oleh AFP.

Shanghai sendiri, yang telah mendatangkan pelatih asal Prancis Jean Tigana, kemungkinan juga tertarik pada Drogba.

Anelka dilaporkan akan menerima sekitar 300.000 dolar per pekan di Shanghai. Meski demikian Shenhua menolak menyebutkan jumlah gaji Anelka dan biaya transfernya.

Guangzhou telah menghabiskan 3,16 juta dolar dalam beberapa hari terakhir untuk mendatangkan empat pemain nasional Cina, dalam upaya mereka mempertahankan gelar juara liga serta berpartisipasi pada ajang Liga Champions Asia, demikian Xinhua.

Guangzhou berada di Grup H, yang disebut `grup neraka,` bersama peringkat kedua Liga Champions 2011, Jeonbuk Hyundai, dan juara Liga Jepang, Kashiwa Reysol.

Sepak bola Cina sejak lama digerogoti berbagai skandal, seperti pengaturan pertandingan dan perjudian, namun beberapa klub yang menerima dampak positif pertumbuhan industri negara itu mulai berani mengeluarkan dana besar untuk belanja pemain.(*)

H-RF/Z002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011