Merak (ANTARA News) - Menjelang tahun baru, aktivitas Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten normal, dan lancar, tidak ada antren dan penumpukan kendaraan sampai di jalan layang Cikuasa Atas, seperti menjelang natal minggu lalu.

"Sudah beberapa hari ini aktivitas di Pelabuhan Merak, normal dan lancar. Tidak ada antrean seperti minggu lalu saat menjelang natal," kata Pelaksana harian (Plh) Manager Operasional PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Didi Juliansyah, Jumat malam.

Dia mengakui, antrean dan penumpukan kendaraan pekan lalu, dikarenakan libur natal dan anak sekolah, sehingga banyak masyarakat yang pulang berlibur serta merayakan ke kampung halaman.

"Kalau sekarang kondisi Pelabuhan Merak lancar, tidak ada antrean, karena puncak penyeberangan ke Bakauheni dari Pelabuhan Merak, terjadi ketika tanggal 23 sampai 24 Desember 2011, atau dua hari sebelum natal," katanya.

Apalagi kata dia, dua hari sebelum natal bertepatan dengan pembagian raport anak sekolah dan libur panjang. "Prediksi kami, sampai dengan pergantian tahun dari 2011 ke 2012, peningkatan kendaraan dan volume tidak lebih dari 15 persen, sehingga tidak terjadi antrean," katanya.

Apalagi saat ini kata Didi, pihak ASDP Merak menyediakan 29 kapal roro untuk angkutan natal dan tahun baru.

"Kalau hari ini, karena tidak ada antrean atau penumpukan kendaraan, kami hanya mengoperasikan 26 kapal saja," ujarnya.

Hanya saja kata dia, berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh ASDP Merak, untuk penyeberangan saat ini ramai dari Bakauheni ke Pelabuhan Merak. "Hasil pantauan kami, sejak pagi sampai sekarang banyak kendaraan truk turun dari kapal di Pelabuhan Merak, setelah menempuh perjalanan dari Bakauheni," ujarnya.(ANT)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011