Saya menyambut baik Deklarasi Melaka dan berharap semua wartawan dapat terus mendukung prinsip dan tanggungjawab yang berkaitan dengan etika dan profesionalisme bidang kewartawanan
Kuala Lumpur (ANTARA) - Peringatan Hari Wartawan Nasional (HAWANA) Malaysia 2022 yang berlangsung di ballroom Hotel Hatten Melaka, Minggu, yang dihadiri Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob menghasilkan Deklarasi Melaka 2022 yang berisikan lima pernyataan sikap.

Pernyataan tersebut dibacakan oleh tokoh media Malaysia di hadapan Perdana Menteri, Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Annuar Musa, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kasnong, para pimpinan media dari Indonesia dan sejumlah undangan yang hadir.

Isi lima pernyataan tersebut adalah kewartawanan dipelihara dan diakui sebagai instittusi negara, menghormati hak wartawan menjalankan tugas, menjunjung undang-undang dan prinsip rukun negara, kewartawanan bermartabat integritas dan memerangi berita palsu.

Menanggapi deklarasi tersebut, Ismail Sabri dalam sambutannya mengatakan deklarasi tersebut mencerminkan komitmen dan
keseriusan kelompok wartawan dalam membantu memperkukuhkan hubungan Keluarga Malaysia serta menjaga keharmonian negara melalui profesionalisme kewartawanan itu sendiri.

"Saya menyambut baik Deklarasi Melaka dan berharap semua wartawan dapat terus mendukung prinsip dan tanggungjawab yang berkaitan dengan etika dan profesionalisme bidang kewartawanan," katanya.

Pidaknya mengakui bahwa profesi kewartawanan harus tetap bebas dan berfungsi tanpa gangguan dan campur tangan pihak lain bagi menjamin kebebasan bersuara di negara ini.

Dia mengatakan pemerintah tidak pernah menghalangi media menyiarkan laporan berita yang adakalanya dijadikan panduan pihak berwajib untuk mengambil tindakan susulan seperti bertindak menyalurkan bantuan untuk kesejahteraan warga.


Baca juga: Menparekraf: Singapura dan Malaysia pasar wisata golf Belitung
Baca juga: Sekjen MN KAHMI bertemu politisi senior Malaysia di Kuala Lumpur



"Pemerintah senantiasa mendengar dan prihatin terhadap laporan yang disampaikan oleh media. Semua kementerian dan lembaga pemerintah senantiasa memberi kerjasama kepada media dalam membantu memudahkan penyaluran informasi yang seimbang, tepat, sahih dan memuaskan hati seluruh rakyat," katanya.
Delegasi Indonesia dan ISWAMI Malaysia di HAWANA. ANTARA Foto/Agus (1)


Pihaknya menjamin bahwa tidak ada yang hendak disembunyikan oleh pemerintah dalam penyaluran informasi demi kepentingan rakyat dan pembangunan negara.

"Menjadi harapan pemerintah agar golongan wartawan terus menyiarkan laporan yang adil dan proaktif dalam mengeluarkan usulan bagi penyelesaian kepada sesuatu isu yang dimunculkan," katanya.

HAWANA yang digelar tahun ini merupakan HAWANA kedua setelah yang pertama diselenggarakan di Kuala Lumpur pada 2018 lalu di era pemerintahan Perdana Menteri Mohammad Najib Tun Razak.

Sedangkan Delegasi Indonesia dipimpin oleh Presiden Ikatan Setia Kawan Wartawan Malaysia-Indonesia (ISWAMI) di Indonesia, Asro Kamal Rokan, yang juga mantan Pemimpin Umum LKBN Antara.

Sedangkan anggota delegasi wartawan Indonesia antara lain Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S. Depari, Ketua Dewan Kehormatan PWI yang juga Penasihat ISWAMI Ilham Bintang, Sekjen ISWAMI N. Syamsuddin Ch. Haesy, Direktur Redaksi LKBN Antara Akhmad Munir, Wakil Pemimpin Redaksi Kompas yang juga anggota Dewan Pers periode 2022-2005 Tri Agung Kristanto, Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI Teguh Santosa, dan Pemimpin Redaksi Kumparan yang juga Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad.

Anggota delegasi lainnya adalah Pemred Koran Sindo Pung Purwanto, Pemred Majalah Tempo Setri Yasa, Pemred Jakarta Post M. Taufiqurrahman, Pemred Detik.com Alfito Deannova Ginting, Wakil Pemred MetroTV Budiyanto, General Manager News TVOne Ecep S. Yasa, serta Wakil Pemred Republika Nur Hasan Murtiaji.

Selain itu ada juga Prof Dr Saidin MHum dari ISWAMI, Agung Dharmajaya yang menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pers dan Syaefudin dari Dewan Pers.


Baca juga: RI-Malaysia sepakat pererat hubungan dagang di sektor energi


Baca juga: Menkominfo RI dijadwalkan hadiri Hari Wartawan Nasional Malaysia

 

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2022