Cianjur (ANTARA News) - Kawasan Puncak-Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu, terus dipadati wisatwan yang hendak menghabiskan malam pergantian tahun di daerah itu.

Dominasi kendaraan roda empat bernomor polisi Jakarta di kawasan ini telah terlihat sejak dini hari, sementara tingkat hunian vila-vila di kawasan Puncak hingga Cipanas meninggi.

Guna mengantisipasi antrean panjang kendaraan, polisi memasang pagar pembatas di bagian tengah jalan di sejumlah titik rawan, di antaranya Jalan Raya Hanjawar, Cibodas dan Pasekon.

Di beberapa titik tersebut, terdapat pusat perbelanjaan, tempat wisata, rumah makan, hotel dan perumahan yang selama ini merupakan pusat keramaian di kawasan ini.

"Selain itu, antisipasi macet total menjelang malam pergantian tahun, kami lakukan dengan cara mengarahkan pengendara untuk mengunakan jalur alternatif Hanjawar-Pacet, dari arah Puncak menuju Cipanas, atau sebaliknya," kata Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Gatot Satrio Utomo.

Polisi memperkirakan kepadatan arus kendaraan akan terus meningkat dan mengalami puncaknya pada detik-detik malam pergantian tahun pada pukul 00.00 WIB.

"Seluruh jajaran dari masing-masing posko, akan ditarik ke pusat-pusat keramaian menjelang detik-detik pergantian tahun. Selain mengatur kelancaran arus lalulintas, mereka juga melakukan pengawasan dan pemantauan keamanan," katanya.(*)

KR-FKR/A035

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011