Jakarta (ANTARA News) - Wisatawan yang akan menikmati malam pergantian tahun di Kepulauan Seribu, Sabtu tertahan di Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, akibat memburuknya cuaca karena banyak kapal tidak berani berlayar.

Wisatawan memadati Pelabuhan Muara Angke menunggu diangkut ke Pulau Seribu, sementara sejumlah dari mereka mengurungkan niat berlibur.

"Tahu begini, saya kagak pesan penginapan," keluh Saut (34), seorang pengunjung di Muara Angke.

Banyak wisatawan tertahan akibat cuaca buruk. "Lihat ini, banyak yang menunggu sejak pagi tadi mau berangkat ke Pulau Pramuka," keluhnya.

Bupati Kepulauan Seribu Achmad Ludfi mengimbau kapal angkutan penumpang yang melayani rute Kepulauan Seribu berhati-hati dan menjaga keamanan serta keselamatan pelayaran.

Menurut Achmad Ludfi, kapal-kapal penumpang tidak bisa memaksakan diri berlayar. Bupati sudah menghimbau para nakoda kapal untuk memperhatikan cuaca dan selalu berkoordinasi dengan unit terkait.

Bupati berharap kondisi alam di perairan Kepulauan Seribu seperti saat ini terjadi tidak mengurangi minat wisatawan untuk mengunjungi Kepulauan Seribu di lain waktu.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten kami meminta maaf bila masih banyak kekurangan," katanya.(*)

ANT/R021

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011