... Pergantian tahun baru 2012 yang dirayakan warga membawa harapan supaya mendapat keberuntungan dan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat lebih baik dari tahun 2011...
Biak, Papua (ANTARA News) - Kawasan yang pertama kali merasakan pergantian tahun baru 2011 ke 2012 di Indonesia adalah Papua. Selamat tahun baru Papua! Di Kabupaten Biak Numfor, Papua, masyarakat setempat mengekspresikan kegembiraan dan optimisme pada 2012 ini dengan pesta kembang api dan membunyikan terompet keras-keras. 

Tepat pukul 00.00 waktu setempat atau WIT, Minggu dini hari (1 Januari 2012), lonceng-lonceng gereja berdentangan diikuti kembang api berbagai jenis dan ukuran. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, orangtua, hingga lanjut usia tumpah ruah di banyak tempat di kota yang sangat strategis bagi Indonesia itu.

Salah satu pusat keramaian di kota itu adalah Jalan Imam Bonjol yang sampai di pertigaan Supermarket Hadi, dipenuhi warga yang merayakan pergantian tahun ini.

Bukan masalah bagi sekitar ratusan warga Biak jika harus berjalan kaki, berbaur dengan pengendara sepeda motor dan mobil sejak pukul 22.00 WIT, untuk ke pusat keramaian itu.

Petugas keamanan gabungan dari polisi setempat dan unsur lain malah telah lebih dulu ke tempat itu untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, sebagaimana halnya di tempat-tempat lain di Biak.

"Pergantian tahun baru 2012 yang dirayakan warga membawa harapan supaya mendapat keberuntungan dan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat lebih baik dari tahun 2011," kata Yakobus, warga Biak.

Bupati Biak Yusuf Melianus Maryen, mengucapkan selamat memasuki tahun baru 2012 kepada seluruh komponen masyarakat di kabupaten Biak Numfor.

"Setiap perayaan pergantian tahun lama ke tahun baru selalu memberikan berbagai harapan kepada semua masyarakat, salah satu harapan yang menjadi keinginan semua warga supaya kondisi kota Biak tetap aman dan kondusif," kata Maryen.

Hingga pukul 00.15 Minggu dini hari meski cuaca Kota Biak sedikit mendung dan hujan gerimis tetapi tidak mengurangi minat warga setempat untuk berpesta kembang api, petasan, dan membunyikan terompet bersamaan dalam rangka melepas kepergian 2011 serta menyambut kehadiran 2012. (M039)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011