... Kami bekerja sama dengan pihak keamanan melakukan pengawalan gereja pada malam tahun baru...
Kairo (ANTARA News) - Berbagai perhimpunan pemuda Mesir yang menamakan diri Syabab At Tsaurah (Pemuda Revolusi) mengawal semua gereja di seantero Mesir pada malam tahun baru 2012.

"Kami bekerja sama dengan pihak keamanan melakukan pengawalan gereja pada malam tahun baru," kata Mohamed Ezzat dari Syubbanul Muslimin, Perhimpunan Pemuda Ikhwanul Muslimin di Kairo, Sabtu malam.

Ezzat dan sejumlah anggota perhimpunannya berkumpul di depan Gereja Katedral Ortodok Koptik Pusat di Distrik Abbasea, pusat kota Kairo.

Menurut dia, pengamanan ini merupakan bagian dari solidaritas pemuda revolusi dalam memberi rasa aman bagi semua masyarakat di negeri berjulukan Seribu Menara tersebut.

Para Pemuda Revolusi yang umumnya Muslim itu juga tampak mengawal gereja di Distrik Madinat Nasr, Kairo Timur, bekerja sama dengan pihak keamanan setempat.

Sebelumnya, Ketua Dewan Tertinggi Militer (SCAF) Mesir yang berkuasa, Marsekal Mohamed Hussein Tantawi menyampaikan selamat Tahun Baru dan mengimbau semua pihak untuk memelihara keamanan di malam tahun baru Mehesi tersebut.

Tantawi secara khusus menyampaikan ucapan selamat kepada Pemimpin Gereja Koptik Shenouda III terkait tahun baru dan Natal yang oleh umat Koptik merayakannya pada 7 Januari.

SCAF telah menginstruksikan jajaran tentara dan kepolisian untuk bahu membahu mengamankan gereja pada malam tahun baru dan perayaan Natal tersebut.

Gereja Koptik Mesir merayakan Natal pada 7 Januari itu berpegang pada kalender Julius Caesar yang memastikan bahwa kelahiran Yesus Kristus jatuh pada tanggal 7 Pebruari tahun ke-6 Sebelum Masehi.

Sementara perayaan Natal pada 25 Desember berpegang pada kalender yang ditetapkan Paus Gregorius XIII berdasarkan perhitungan astronomi dari para pakar perbintangan kala itu. (M043)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011