Waykanan, Lampung (ANTARA News) - Kesenian tradisional Lampung, yakni gitar tunggal, pisaan dan sandung, menyumbang penting pada "Gebyar Sambut Tahun Baru 2012" di Kabupaten Waykanan, Lampung.

Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan itu, Ridwan, di Baradatu, Waykanan yang berada sekitar 200 km utara Kota Bandarlampung, Sabtu malam, mengatakan hal itu dilakukan supaya kaum muda setempat semakin dekat dengan kesenian tradisional Lampung.

"Setiap menyambut Tahun Baru, tentu banyak kaum muda hadir, kesempatan itu kita gunakan sebaik mungkin dengan mengajak beberapa seniman dan seniwati daerah ini berpartisipasi mengisi kegiatan tersebut," kata dia.

Pentas seni menyambut Tahun Baru 2012 di Kabupaten Waykanan, Lampung, berlangsung di lapangan Sriwijaya, Baradatu. Selain dihadiri ratusan kaum muda daerah itu, masyarakat dari berbagai penjuru daerah itu terpantau berkumpul di lapangan yang berada di depan Kecamatan Baradatu tersebut.

Aktivitas ekonomi juga terlihat di lokasi kegiatan, antara lain, pedagang makanan dan mainan anak-anak.

Sementara pengaturan lalu lintas dan pengamanan, dilakukan oleh Satpol PP, anggota Polres, Banser dan anggota Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi setempat.

"Pendekatan kaum muda dengan potensi lokal diharapkan menjadi jembatan tercapainya program Pemerintah Kabupaten Waykanan, yakni, Budaya Waykanan Bangkit," kata Ridwan menambahkan.

Karena itu, ketika ada tawaran melaksanakan kegiatan tersebut oleh Pemerintah Kabupaten Waykanan, Forum Pemuda Baradatu menyambut baik. (ANT-247)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011