Selain berfokus melistriki desa-desa, kami juga terus meningkatkan keandalan sistem di kota-kota Papua dan Papua Barat
Jayapura (ANTARA) -
PT PLN (Persero) terus berkomitmen menyelesaikan target melistriki seluruh desa dimana pada 2022 pihaknya berencana akan membangun 48 Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kapasitas antara 10 hingga 120 kilowatt peak (kWp) untuk melistriki 71 desa di Papua dan Papua Barat.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Moch. Andy Adchaminoerdin dalam siaran pers di Jayapura, Senin, mengatakan itu dilakukan dengan fokus menuntaskan desa yang telah dibangun jaringan isolated tegangan rendah.
 
"Selain berfokus melistriki desa-desa, kami juga terus meningkatkan keandalan sistem di kota-kota Papua dan Papua Barat," katanya.
 
Menurut Andy, daya mampu pembangkit listrik kini mencapai 545 mega watt dengan beban puncak sebesar 424 mega watt, sementara untuk rasio elektrifikasi Papua dan Papua Barat telah mencapai 96,84 persen.
 
"Tahun ini kami memiliki prioritas untuk menuntaskan target 427 desa dengan status belum berlistrik pada program listrik perdesaan 2020 lalu," ujarnya.
 
Dia menjelaskan per Mei 2022, ada 198 desa telah berhasil dilistriki dan menyisakan 229 desa yang belum teraliri listrik.
 
"Kami terus berupaya menyelesaikan penugasan melistriki seluruh desa di Papua dan Papua Barat, dengan target 229 desa tersebut dapat segera PLN listriki sesuai roadmap yang telah disusun," katanya.
 
Dia menambahkan untuk menjawab tantangan yang ada dalam melistriki desa di Papua dan Papua Barat, PLN memiliki terobosan dengan menyediakan teknologi yang lebih memudahkan dalam proses pendistribusian alat terutama di daerah terpencil.
 
"Kami menggunakan PV SPEL (Stasiun Pengisian Energi Listrik berbasis PV module) dengan APDAL (Alat Pengisian Daya Listrik)/Talis (Tabung Listrik) berbasis energi surya untuk melistriki desa-desa terpencil yang saat ini sudah digunakan di 88 desa di Papua dan Papua Barat," ujarnya.

Baca juga: PLN edukasi manfaat dan bahaya listrik ke masyarakat terpencil Papua

Baca juga: PLN bangun SPKLU pertama di Kota Jayapura

Baca juga: Semangat PLN dukung ekonomi masyarakat Papua

Baca juga: PLN bangun tiga PLTS guna listriki lima desa di Mimika Papua

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022