Pemkot Pekalongan mendapat bantuan dua pompa mobile untuk penanggulangan rob dari BBWS Pamali Juana yang ditempatkan di lokasi rawan banjir rob yaitu di Clumprit dan Kelurahan Tirto Gang 8
Pekalongan, Jateng (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mendapat tambahan bantuan dua pompa mobile (yang bisa dipindahkan) dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana untuk pencegahan banjir rob di Kelurahan Tirto dan Clumprit.

"Ya, Pemkot Pekalongan mendapat bantuan dua pompa mobile untuk penanggulangan rob dari BBWS Pamali Juana yang ditempatkan di lokasi rawan banjir rob yaitu di Clumprit dan Kelurahan Tirto Gang 8," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan Bambang Sugiharto di Pekalongan, Senin.

Menurut dia untuk Clumprit tahun ini ada penanganan drainase, berhubung pompa "exsiting" di sana sudah dibongkar dan akan diganti dengan stasiun pompa yang lebih besar.

"Namun kejadiannya air rob yang melimpah dari Sungai Gabus ke Jalan Labuan sehingga menyebabkan Clumprit terendam banjir rob karena pompa exsiting sudah dibongkar untuk mengurangi genangan disana dibutuhkan pompa mobile," katanya.

Ia mengatakan untuk pompa mobile di Kelurahan Tirto Gang 8 karena tanggul sungai Meduri yang jebol 100 meteran masih menyebabkan genangan.

"Kedua pompa ini sudah dioperasikan pada Minggu (29/5). Kemudian di Tirto tinggi genangan masih diatas 50 centimeter dan Senin (30/5) sudah turun menjadi 25 cm," katanya.

Ia mengatakan kapasitas pompa mobile itu mampu menyedot 500 liter per detik sehingga dapat mengurangi banjir rob di dua wilayah tersebut.

"Kami berharap pompa mobile itu bisa segera menyurutkan rob sehingga warga terdampak banjir dapat kembali ke rumah masing-masing dan beraktivitas kembali," demikian Bambang Sugiharto .

Baca juga: Banjir rob landa Semarang, ribuan pekerja pabrik selamatkan diri

Baca juga: BNPB: Hampir seluruh Pantura terdampak banjir rob dan gelombang pasang

Baca juga: BPBD Pati imbau warga di dekat pantai waspada banjir rob

Baca juga: Dampak banjir rob, arus lalu lintas di Jalur Pantura Demak dialihkan

Pewarta: Kutnadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022