Bogor (ANTARA News) - Arus lalu lintas Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu, didominasi kendaraan yang akan pulang dari Puncak usai merayakan malam Tahun Baru 2012.

Padatnya jumlah kendaraan terpantau sejak pukul 10.00 WIB. Hingga pukul 12.00 WIB Satuan Lalu Lintas Polres Bogor memberlakukan satu arah dari Puncak menuju Kota Bogor dan Jakarta.

"Hari ini arus lalu lintas dipadati kendaraan yang balik merayakan Tahun Baru di Puncak. Kepadatan terjadi mulai pukul 10.00 WIB. Untuk mengantisipasi kemacetan kami berlakukan satu arah," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP Syarif Zainal Abidin, Minggu.

Sistem satu arah diberlakukan untuk kendaraan dari arah Puncak menuju Kota Bogor dan Jakarta.

Hingga pukul 19.45 WIB, arus lalu lintas telah kembali normal dua arah. Kendaraan dapat melintas dengan normal.

Zainal mengatakan, pelaksanaan malam Tahun Baru di Puncak berlangsung lancar tidak terjadi kemacetan yang siginifikan.

Menurut Kasat, sosialisasi tentang penutupan jalur Puncak memberikan respon positif terhadap pengunjung yang hendak berwisata ke Puncak.

"Kabanyakan pengunjung sudah mengetahui adanya penutupan jadi mereka memperkirakan waktu keberangkatan agar tidak terjebak kepadatan," katanya.

Jalur Puncak pada malam pergantian tahun, Sabtu (31/1) ditutup mulai pukul 19.00 WIB. Jalur kembali dibuka pagi tadi pukul 06.00 WIB.

Pada malam penutupan, arus di Puncak cukup lancar. Kendaraan roda dua dapat leluas naik menuju Puncak.

Kepadatan arus sempat terjadi usai malam pergantian tahun, yakni pukul 00.30 WIB. Dimana kendaraan yang tadi sudah berada di Puncak, pulang kebali.

Kepadatan terlihat di persimpangan dan di kawasan-kawasan seperti Cisarua, Megamendung, Riung Gunung. Namun, kendaraan tetap bisa melaju dengan kecepatan kurang dari 45 km per jam.

Berdasarkan catatan dari kepolisian, jumlah kendaraan yang keluar masuk Puncak mencapai 38.000 mobil. Hingga berita ini diturunkan, arus lalu lintas di Puncak sudah normal.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012