kebakaran melanda rumah terjadi 43 kali sementara 9 kali di pasar, restoran atau toko, 15 kali kebakaran dengan objek alat-alat elektronik
Padang (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Sumatera Barat, mencatat 114 kali kejadian kebakaran di kota berpenduduk sekitar 900 ribu jiwa itu sejak Januari hingga akhir Mei 2022.

Kepala Bidang Operasi dan Sarana Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang Sutan Hendra di Padang, Selasa, mengatakan pada Mei 2022 telah terjadi 27 kali kebakaran, sementara pada April ada 30 kali kejadian.

Sementara pada Januari 2022 ada 15 kejadian dan 22 kejadian pada Februari serta 20 kali kejadian kebakaran pada Maret 2022.

Baca juga: Lima petak bangunan rusak berat akibat kebakaran di Padang

"Untuk kebakaran yang melanda rumah terjadi 43 kali sementara sembilan kali terjadi di pasar, restoran atau toko, lalu 15 kali kebakaran dengan objek alat-alat elektronik," kata dia.

Ia terus mengimbau warga agar berhati-hati terhadap potensi terjadinya kebakaran dan sejumlah kasus yang ada memang sebagian besar akibat kelalaian seperti meninggalkan rumah dalam kondisi kompor gas yang masih terpasang regulator gasnya.

Setelah itu ada kasus warga yang abai terhadap jaringan instalasi listrik di rumahnya yang termakan usia sehingga melunak dan rentan terbakar.

Baca juga: Tujuh petak toko di Padang terbakar saat libur Idul Fitri 1443 Hijriah

"Ada juga kelalaian mematikan listrik saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong seperti pulang kampung atau lainnya. Untuk jaringan listrik seperti di plafon rumah atau peralatan elektronik yang kabelnya memiliki batas usia pemakaian dan menjadi penyebab korsleting," kata dia.

Sementara untuk kebakaran lahan terjadi 24 kali di kota setempat dan ini diduga akibat cuaca panas terik dan warga yang melakukan pembakaran sampah di lokasi tersebut.

"Warga yang membakar sampah tidak menunggui hingga selesai sehingga apinya menjalar ke tempat lain maka terjadi kebakaran lahan," kata dia.

Baca juga: BPBD Padang: Kebakaran toko asesoris tewaskan tiga orang

Ia meminta masyarakat Kota Padang agar waspada terhadap segala hal yang dapat berpotensi menjadi penyebab kebakaran dan menyiapkan racun api di rumah, kantor, pertokoan dan lainnya untuk pertolongan pertama saat terjadi kebakaran.

"Kami juga meminta warga yang melintas di jalan raya apabila ada mobil pemadam kebakaran agar diberi jalan dan diprioritaskan karena kami akan melakukan pemadaman kebakaran," kata dia.

Baca juga: BPBD catat 20 pohon tumbang di Padang akibat cuaca ekstrem

Baca juga: BPBD masih padamkan kebakaran lahan gambut di Nagan Raya Aceh


 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022