Media memiliki peranan penting dalam menyampaikan aspirasi masyarakat termasuk mereka yang selama ini menggunakan jalan tol.
Serang (ANTARA News) - PT Marga Mandala Sakti selaku pengelola jalan Tol Tangerang - Merak berjanji akan meningkatkan peran media untuk melaksanakan pengawasan terhadap layanan kepada pengguna jalan tol.

"Media memiliki peranan penting dalam menyampaikan aspirasi masyarakat termasuk mereka yang selama ini menggunakan jalan tol," kata Humas PT Mandala Sakti, Indra Wijaya di Serang, Selasa.

Indra mengatakan, berdasarkan pemantauan melalui surat kabar, televisi, radio, dan portal berita kami dapat melihat kekurangan-kekurangan pelayanan yang akan diperbaiki ke depannya.

Sebaliknya, kata Indra, media massa juga memiliki peran untuk menyampaikan kepada masyarakat kemajuan-kemajuan apa saja yang telah dicapai dalam perbaikan jalan Tol Tangerang - Merak.

Sebelumnya dalam dialog bertajuk "Program Peningkatan Jalan Tol" yang diikuti berbagai pimpinan media massa daerah Provinsi Banten termasuk LKBN Antara Biro Banten yang disiarkan melalui Baraya TV, adanya rekomendasi agar MMS bisa lebih cepat merespon permasalahan di jalan tol berdasarkan laporan media massa.

Indra lebih jauh mengatakan, informasi dan akurasi yang disampaikan media jauh lebih terpercaya dibandingkan sumber lain. Selain mereka memiliki wartawan yang langsung memeriksa kebenaran suatu peristiwa juga langsung disirakan sehingga PT MMS juga dapat langsung mengantisipasi.

Manajer Pemeliharaan PT MMS, Agung Prasetyo mengatakan, peran media sangat penting untuk mengingatkan masyarakat agar mematuhi peraturan di jalan tol, seperti bagi pengemudi kendaraan umum untuk tidak menaikkan dan menurunkan penumpang di jalan tol.

Media juga memiliki peranan penting untuk menginformasikan kepada masyarakat apabila terjadi kemacetan lalulintas akibat kecelakaan sebagai contoh, sehingga masyarakat dapat memutuskan untuk mencari jalan alternatif agar tidak terjebak kemacetan.

Pemred Radar Banten, Mashudi mengatakan, berita mengenai kecelakaan di jalan tol juga memiliki hal positif bagi pengelola, karena terkait dengan kasus itu mereka akan memperbaiki pelayananan.

Sebagai contoh ada lokasi yang sering mengalami kecelakaan, maka di kawasan tersebut dipasang garis pengejut sebagai contoh, ujar dia.

Kalangan media berharap, PT MMS dapat lebih cepat dan tanggap terkait dengan berbagai persoalan lalulintas.

Sebagai gambaran apabila diberitakan mengenai seringnya terjadi antrian panjang di gerbang tol, maka dapat segera diambil langkah antisipasi, seperti menambah petugas, melakukan jemput bola, dan berbagai upaya yang membuat pengguna jalan tol tidak dirugikan.

Pimpinan media juga berharap PT MMS juga membuat SOP (standar, operasi, prosedur) bagi pusat informasi jalan tol, sehingga setiap keluhan pelanggan dapat dengan serta merta ditindaklanjuti, tidak sekedar ditampung saja.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012