Jakarta (ANTARA) - Samsung Innovation Campus (SIC) kembali menggelar "Training of Trainers", program pelatihan dan pengembangan literasi digital bagi guru dan siswa kejuruan.

Program memasuki gelombang ketiga dengan memberikan pelatihan bagi para guru untuk membangun kemampuan coding dan programming serta meningkatkan keterampilan digital.

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia menyampaikan komitmen perusahaan untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan untuk mewujudkan pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan yang tepat sasaran.

“Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mencetak tenaga kerja digital yang terampil di bidang IT. SIC tidak hanya meningkatkan kapabilitas para guru tetapi juga mendukung keterampilan IT siswa," katanya dalam siaran pers, Kamis.

Kapabilitas guru yang baik dan menguasai TIK akan sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran yang akan berdampak langsung pada kualitas anak didik, yakni menghasilkan tenaga kerja berkualitas yang terampil dan siap menghadapi tantangan Industri 4.0

Melalui program Training of Trainers batch ketiga yang diikuti oleh 150 guru, Ennita optimistis SIC dan ToT adalah langkah awal dari pemenuhan misi tersebut.

Program ini berfokus pada persiapan sumber daya manusia dengan mengedepankan penyediaan infrastruktur agar setiap elemen di lingkungan pendidikan mampu beradaptasi dengan teknologi dan digitalisasi. Program ini mencakup pembekalan dan pelatihan guru-guru terkait teknik program coding dan programming menggunakan materi/pemrograman Python Dasar/IoT.

Program tersebut adalah salah satu fokus SIC yang akan mendukung rencana pemerintah mencetak lulusan siap kerja berkualitas yang siap menghadapi tantangan Industri 4.0, yang berfokus dalam memaksimalkan penggunaan digital.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperkirakan 60 persen guru memiliki kemampuan terbatas dalam menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Keterbatasan ini menghambat kegiatan belajar dan mengajar yang dapat berdampak pada target pemerintah untuk memiliki 9 juta talenta digital hingga tahun 2030 dalam mempersiapkan Industri 4.0.

Samsung melalui Samsung Innovation Campus (SIC) sebagai inisiatif Corporate Citizenship mempersiapkan generasi muda siap kerja melalui pembekalan dasar keahlian digital pada pendidikan vokasi. Program SIC batch ketiga ini diikuti oleh 1.000 siswa dan 150 guru dari 70 sekolah yang tersebar di 38 SMK dan 32 MA/MAK di seluruh daerah di Indonesia.

Baca juga: Dorong inovasi siswa, Samsung gelar SIC Project Competition 2020

Baca juga: SIC beri pelatihan "coding" untuk pelajar

Baca juga: Samsung beri pelatihan coding untuk guru sekolah menengah

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022