Semarang (ANTARA News) - Indonesia menempatkan tiga wakilnya pada babak perempat final kejuaraan bulu tangkis Victor Korea Open Super Series Primer, di Seuol, Korea Selatan.

Berdasarkan laman "tournament software", Kamis, dari enam wakil yang lolos ke babak kedua akhirnya hanya tiga wakil yang lolos ke babak delapan besar.

Tiga wakil yang lolos ke perempat final adalah Simon Santoso (tunggal putra), Meiliana Jauhari/Greysia Polii (ganda putri), dan Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran).

Simon Santoso yang menempati unggulan kedelapan melangkah ke babak delapan besar setelah menang dua set langsung atas tunggal putra Inggris Rajiv Ouseph, 21-18 dan 21-13, dalam waktu 41 menit.

Baik pada set pertama maupun kedua, Simon yang menempati peringkat tujuh dunia tersebut selalu memimpin perolehan angka dari pemain Inggris yang mengalahkan Taufik Hidayat pada babak pertama tersebut.

Pada babak perempat final, Simon Santoso bakal menghadapi tunggal putra China, Du Pengyu, yang sebelumnya mengalahkan Hu Yun (Hong Kong) dengan tiga set 21-5,14-21, dan 21-19.

Pada nomor ganda putri, pasangan Meiliana Jauhari/Greysia Polii melangkah ke babak perempat final setelah mengalahkan ganda Denmark, Line Damkjaer Kruse/Maria Roepke, 21-10 dan 21-14, dalam waktu 34 menit.

Kemenangan itu sekaligus membalas kekalahan mereka saat tampil pada All England 2011 (kalah 20-22 dan 16-22).

"Kami belajar dari kekalahan lalu, kali ini kami bermain sabar dan tidak terlalu bernafsu untuk menyerang. Sebaliknya lawan justru terpancing untuk menyerang walaupun keadaannya kurang menguntungkan bagi mereka," kata Greysia Polii seperti dikutip dari situs PB PBSI.

Pada babak delapan besar, mereka akan menghadapi unggulan keempat dari Korea, Ha Jung Eun/Kim Min Jung, yang sebelumnya mengalahkan ganda putri China, Cheng Su/Pan Pan, dua set langsung 21-16 dan 21-13.

Pada ganda campuran pasangan Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menjadi unggulan keempat mengalahkan Noriyasu Hirata/Miyuki Maeda (Jepang) dengan angka 21-14 dan 21-12, dalam waktu 29 menit.

"Hari ini kami bisa mengendalikan irama permainan sehingga tidak memberikan kesempatan lawan untuk berkembang. Selain itu kami bisa menyesuaikan diri lebih cepat dan tampil lebih sabar," kata Tantowo yang berasal dari PB Djarum Kudus tersebut.

Pada babak selanjutnya akan menghadapi pasangan tuan rumah Lee Yong Dae/Ha Jung Eun yang sebelumnya mengalahkan Shintaro Ikeda/Reiko Shiota 21-15 dan 21-15.

Tiga wakil Indonesia yang tersingkir di babak kedua adalah Vita Marissa/Nadya Melati (ganda putri). Mereka kalah dari pasangan tuan rumah Jung Kyung Eun/Kim Ha Na dengan angka 21-16, 19-21, dan 9-21.

Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan (ganda putra) kalah dari ganda Jerman, Michael Fuchs/Oliver Roth, dengan angka 17-21 dan 19-21, dalam waktu 31 menit.

Pasangan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan (ganda putra) juga gagal melangkah ke babak selanjutnya setelah dikalahkan unggulan kedua Jung Jae Sung/Lee Yong Dae dengan angka 21-16, 19-21, dan 13-21, dalam waktu 56 menit.

"Pada saat unggul 18-15, kami terlalu terburu-buru ingin menyelesaikan permainan. Sebisa mungkin kami harus menang dua set karena kalau sampai rubber set, fisik mereka jauh lebih kuat dibandingkan kami, dan set ketiga kami sudah habis, kalah stamina," kata Hendra Aprida Gunawan.
(T.H015/M029)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012