Kita akan berlatih bagaimana menyelenggarakan operasi SAR serta teknik-teknik pencarian
Jayapura (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan RI  (Basarnas) akan menggelar latihan SAR bersama Australia di Merauke, Papua, pada tahun 2023.
 
Kepala Sub Direktorat Siaga dan Latihan Basarnas Zulfikar di Merauke, Kamis, mengakui Kantor SAR Merauke akan menjadi tuan rumah latihan bersama antara Indonesia-Australia (Ausindo).
 
Guna mempersiapkan kegiatan tersebut maka dilakukan latihan internal Basarnas yang bertajuk Pra SAREX AUSINDO bertempat di Aula Kantor SAR Merauke.

Baca juga: Pencarian korban KM Ladang Pertiwi diperpanjang
 
Dipilihnya Merauke sebagai tuan rumah gelaran tersebut karena secara geografis merupakan salah satu pintu masuk pelayaran yang strategis dari Australia menuju Indonesia.
 
Jalur ini biasanya digunakan kapal-kapal (yacht) Australia ataupun dari negara lain yang berkunjung ke Indonesia selain kapal-kapal nelayan yang mencari ikan di wilayah selatan Merauke.
 
Tidak tertutup kemungkinan terjadi kecelakaan di kawasan perbatasan Australia-Indonesia yang dapat diakibatkan oleh hal-hal bersifat teknis maupun gangguan alam sehingga Basarnas dituntut lebih cepat dan tepat dalam penanganan setiap kegiatan operasi SAR hingga dapat memberikan pertolongan dan penyelamatan.

Baca juga: Basarnas Sulsel perbaharui data penumpang KM Ladang Pertiwi
 
“Kita akan berlatih bagaimana menyelenggarakan operasi SAR serta teknik-teknik pencarian yang akan dilaksanakan nantinya” kata Zulfikar.
 
Ia mengatakan kegiatan ini dilaksanakan agar dapat belajar bagaimana membuat perencanaan operasi SAR secara gabungan bersama negara tetangga dalam hal ini Australia, kemudian mengkoordinasikan dan melaksanakan operasi SAR sesuai perencanaan yang telah dibuat oleh SAR Mission Coordinator (SMC).
 
Terlibat dalam latihan Pra Ausindo kali ini adalah seluruh personel Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke dengan dipandu tim dari Direktorat Kesiapsiagaan Basarnas, tambah Zulfikar.

Baca juga: Tim SAR gabungan evakuasi dua ABK KM Sepakat III di perairan Arafuru

Baca juga: SAR gabungan evakuasi dua jenazah long boat terbalik di Merauke
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022