Jakarta, 6/1 (ANTARA) - Bertempat di Gedung Mina Bahari 3, Jumat (6/01/2011) digelar Ibadah Perayaan Natal Keluarga Besar Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta dengan tema "Bangsa yang Berjalan di dalam Kegelapan Telah Melihat Terang yang Besar" dengan sub tema "Melayani Publik dengan Kasih, Mencegah Korupsi". Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo melalui sambutannya, antara lain mengajak untuk melayani publik dengan kasih sesuai dengan tugas dan tanggung-jawab kita masing-masing dan mencegah korupsi. Hal ini sangat relevan dengan misi Pemerintah untuk terus menerus meningkatkan produktivitas, efisiensi, efektivitas, disiplin dan mencegah kebocoran dan pemborosan, dalam arti luas.

     Perayaan Natal tersebut dihadiri oleh Pejabat Eselon I, II dan III lingkup KKP, Penasehat dan Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan, mitra kerja/stakeholders KKP, Karyawan dan Keluarga Besar Umat Kristiani lingkup KKP dan Pendeta dan Pastor.

     Di bidang kelautan dan perikanan, berbagai pekerjaan dan tugas terus meminta perhatian, pemikiran dan kerja keras kita semua. "Kita tahu bahwa potensi kelautan dan perikanan yang kita miliki sangat besar, namun potensi tersebut belum secara optimal kita manfaatkan dengan baik sehingga belum memberikan dampak positif yang besar pada kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan seperti kita harapkan", ujarnya.

     Namun, dalam Kenyataannya tambah Sharif, meskipun kita memiliki kekayaan kelautan dan perikanan yang besar, ternyata masih banyak nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasar hasil perikanan serta masyarakat pesisir yang sebagian besar masih tergolong masyarakat miskin.

     Oleh karena itu, ia mengajak seluruh komponen Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui momentum perayaan Natal saat ini untuk bersama-sama untuk memajukan bidang kelautan dan perikanan melalui Industrialisasi Kelautan dan Perikanan, yakni perbaikan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan serta peningkatan produktifitas dan efisiensi di sektor hulu, sedangkan di sektor hilir melalui peningkatan nilai tambah produk kelautan dan perikanan yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat kelautan dan perikanan.

     Lebih lanjut Sharif menambahkan, agar kita semua untuk merenungkan berbagai tantangan yang kita hadapi sebagai bangsa, banyak pekerjaan yang harus kita lakukan dengan sekuat tenaga dan sungguh-sungguh untuk membawa bangsa kita menjadi lebih baik dan lebih maju menuju masa depan yang penuh harapan sebagaimana pesan tema Natal tahun ini. "Marilah kita bekerja dan melayani dengan kasih, penuh tanggung-jawab agar kita mampu menghadapi tantangan dan dinamika dunia ini yang terus berubah dengan cepat", tutur Sharif.

     Harapan Sharif, Perayaan Natal tahun ini KKP dapat meningkatkan pelayanan kepada para stakeholders kelautan dan perikanan dan memantapkan upaya pemberdayaan bagi usaha mikro, kecil dan menengah, juga masyarakat pesisir melalui komitmen yang kuat, kerjasama dan kerja keras dari kita semua,

     Selain itu, Sharif juga memberikan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Ketua Panitia dan seluruh panitia yang ada yang ada atas kerja kerasnya sehingga acara ini bisa terselenggara dengan baik sesuai yang diharapkan. Ia mengatakan, agar kita semua termasuk para stakeholders untuk makin meningkatkan kegiatan kepedulian bagi para masyarakat pesisir, hal ini dikatakan setelah mendengar laporan Ketua Panitia bahwa Panitia melakukan berbagai kunjungan kasih sebagai wujud kepedulian KKP terhadap saudara-saudara kita yang lain.

     Sharif berpesan agar, kita semua pada awal tahun baru 2012 mendoakan bangsa dan Negara ini. Semoga pemerintah, masyarakat  serta seluruh komponen bangsa yang sedang berjuang untuk kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran Indonesia senantiasa dilindungi dan diberi kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

     Di akhir sambutannya, Sharif mengucapkan selamat Natal bagi umat Kristiani yang merayakan dan selamat Tahun Baru 2012 bagi kita semua, semoga Tuhan selalu membimbing dan memberi kekuatan kepada kita melanjutkan tugas-tugas pembangunan dan pemerintahan di tahun 2012 ini.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Dr. Yulistyo Mudho, MSc., Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (HP.0811836967)  

Pewarta: Adityawarman
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2012