Santo Domingo (ANTARA News/AFP) - Gempa, yang berkekuatan 5,3 skala Richter melanda Republik Dominika pada Kamis, menyebabkan batu-batu longsor dan merusak sejumlah gedung tetapi tak ada korban jiwa, kata para pejabat.

"Pejabat urusan darurat Juan Manuel Mendez mengatakan gempa itu menyebabkan sejumlah bangunan dan rumah retak di daerah San Jose de Ocoa," 115 km barat ibu kota itu.

Para pejabat mengatakan batu-batu yang longsor menghalangi jalan raya Sanchez yang menghubungkan Santo Domingo dengan bagian lain di daerah selatan, dengan satu desa terputus.

Gempa itu yang terjadi pukul 05.35 waktu setempat (16.35 WIB) Kamis terasa di seluruh negara itu termasuk di Santo Domingo, tempat penduduk meninggalkan rumah-rumah mereka dan lari ke jalan-jalan sampai Jumat pagi.

Pusat gempa terletak 55 km barat ibu kota Santo Domingo, pada kedalaman 10 km, kata Survai Geologi AS yang memantau gempa-gempa di seluruh dunia.

Republik Dominika berbatasan dengan pulau Hispaniola Haiti, tempat gempa yang melanda negara itu Januari 2010 meratakan ibu kotanya dan menewaskan lebih dari 225.000 orang.

(Uu.H-RN/M016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012