Solo (ANTARA News) - Tim Persis Solo berhasil memenuhi ambisi menang melawan Persik Kediri dengan skor 2-1, pada pertandingan kompetisi Divisi Utama Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) 2012, di Stadion Manahan Solo, Jumat petang.

Saat pertandingan perdana Persis melawan Persik itu disaksikan sekitar 10 ribu penonton di Stadion Manahan Solo. Pertandingan berjalan imbang, dengan kedua kesebelasan saling menyerang.

Pada 15 menit babak pertama, Javier Rocha dan kawan-kawan kelihatan tegang untuk menghadapi Persik yang diperkuat tiga pemain asingnya sehingga sering salah upan.

Namun, Persis yang ditangani pelatih Junaidi bermain penuh semangat, karena berlaga di hadapan pendukung setia, suporter Pasoepati.

Meskipun dua pemain asing Persis absen, serangan mereka sering membahayakan gawang Persik yang dijaga M. Syahbani.

Persis mendapat peluang yang menghasilkan gol pada menit 22 babak pertama melalui sundulan kepala Robi Fajar. Sundulan Robi yang memanfaatkan bola umpan silang dari Ilham Hasan masuk ke gawang lawan sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Ketinggalan satu gol, pada menit 30, Persik memasukan pemain Faris Aditama menggantikan Randi Syah Putra, untuk mendukung serangan tim tamu itu.

Dua peluang Persik terjadi pada menit 36 dan 44 babak pertama melalui striker Corik Elvis yang memanfaatkan upan lambung dari sayap kiri.

Tetapi bola mampu diblok kiper Sandi Firmansyah sehingga bola keluar setelah membentur mistar gawang Persis.

Peluang kedua Persik melalui Faris yang lolos dari pengawalan pemain pelakang Persis. Namun tembakan Faris melambung di atas mistar gawang Persis, sehingg, kedudukan bertahan 1-0 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Persik yang dilatih Joko Malis mengambil inisiatif serangan untuk menyamakan kedudukan. Tetapi serangan-serangan mereka sering digagalkan kiper Persis Sandi Firmansyah yang bermain cekatan.

Bahkan pemain Persis, Ari Yuganda juga menambah gol untuk timnya pada menit 55 melalui tembakan keras hingga merobek gawang Persik. Kedudukan menjadi 2-0.

Ketinggalan dua gol, Persik mengubah strategi dengan melakukan permainan cepat untuk mengejar kekalahannya. Bahkan serangan Persik melalui pemain depan Corik Elvis dan Jefre Dwi Hadi sering membahayakan gawang Sandi Firmansyah.

Namun, hanya satu gol pada menit 71 yang mampu dihasilkan Persik melalui beberapa peluang tersebut.

Gol Persik berawal dari umpan bola silang melalui pemain sayap kanannya, yang berhasil dimanfaatkan dengan baik melalui sundulan kepala Corik Elvis.

Bola tidak dapat diantisipasi kiper Sandi sehingga kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk Persis.

Kedudukan 2-1 untuk tim tuan rumah tersebut bertahan hingga babak kedua berakhir.

Wasit yang memimpin pertandingan Ginanjar Rahman mengeluarkan lima kartu kuning untuk Fahtul Iya dan Anderson Dasilva (Persik), Haryadi, Robi Fajar, dan Javier Rocha (Persis).

Pelatih Persik Kediri Joko Malis mengatakan, kedua tim bermain imbang dan bagus. Sejumlah peluang yang dihasilkan timnya, hanya satu yang membuahkan gol.

"Kiper Persis bermain cekatan, karena dia banyak menggagalkan serangan pemain depan Persik," katanya.

Pelatih Persis Solo Junaidi mengatakan, timnya pada babak pertama memang kelihatan bermain dengan tegang, karena Javier dan kawan-kawan baru main perdana di kompetisi LPIS itu.

Selain itu, kata dia, dua pemain asing Persis yakni Fernando Soler (striker) dan Michaele Ndubuisi (beck) yang absen pada laga itu sangat memengaruhi penampilan tim tersebut.

"Kami ke depan akan evaluasi terutama mental pemain agar tidak demam panggung," kata Junaidi. (U.B018/M029)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012