Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUM) DKI Jakarta, PT Jakarta Tourisindo/Jakarta Experience Board (JXB) memulai pembangunan tempat istirahat pesepeda (Bike Lounge) di kawasan Dukuh Atas sisi Stasiun BNI City, Jakarta Pusat, guna mendukung budaya bersepeda di Ibu Kota.

Direktur Utama JXB Novita Dewi mengatakan bike lounge ini merupakan proyek pendahuluan (pilot project) tempat singgah dan berinteraksi pesepeda di Jakarta.

Baca juga: Raperda perubahan status Jaktour, PAM Jaya dan Pal Jaya disetujui

"Kami sangat berharap bike lounge ini akan menjadi suatu tempat para pesepeda dan warga bersosialisasi bertukar ide menikmati hari-hari mereka," kata Novita di Jakarta, Jumat pagi.

Nantinya, bike lounge itu akan dilengkapi fasilitas, seperti smart toilet, shower mandi, loker, workshop atau bengkel sepeda dan pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dijelaskan Novita, pencanangan yang bertepatan dengan Hari Sepeda Sedunia itu, sekaligus menandai dimulainya pembangunan fasilitas yang ditargetkan rampung September 2022 mendatang.

Setelah rampung, bike lounge akan beroperasi setiap hari mulai dari pagi hingga sore.

Baca juga: Jakarta Investment Forum 2021 hadirkan ragam program pembangunan kota

"Teknis operasional nanti kita akan ditentukan lebih lanjut setelah pembangunan rampung," tuturnya.

Selain di lokasi itu yang di salah satu sudutnya sempat berdiri Tugu Sepatu, ke depan fasilitas ini akan didirikan juga di lokasi lainnya.

"Setelah di sini, ke depan nanti juga akan ada di Pantai Indah Kapuk," ujar Novita.

Di lokasi rencana pembangunan bike lounge tersebut, juga terlihat Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang secara simbolis melakukan pencanangan pembangunan dengan menyekop tumpukan pasir.

Baca juga: JXB adakan Creative Teaser di Taman Dukuh Atas

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022