Jakarta (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) menyediakan aplikasi Learning Management System (LMS) kepada Bank Papua sebagai upaya pengembangan dan penguatan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) bank daerah tersebut.

“Dengan kapabilitas yang dimiliki, kami siap berkolaborasi dengan Bank Papua untuk terus mendukung percepatan digitalisasi Bank Regional Indonesia,” ujar Direktur Enterprise and Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Edi Witjara dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Kolaborasi ini dinilai sejalan dengan salah satu rencana bisnis Bank Papua, yakni mengimplementasikan program transformasi Bank Pembangunan Daerah (BPD) dalam pengembangan kompetensi SDM.
Baca juga: Ini kata Teten soal kunci keberhasilan transformasi digital UMKM

Adanya transformasi ini dianggap selaras dengan orientasi Telkom kepada pelanggan dan sesuai dengan visi untuk menjadikan telekomunikasi digital sebagai pilihan utama, yakni memajukan masyarakat melalui tiga elemen yang menjadi fokus bisnis, yaitu konektivitas digital, platform digital, dan layanan digital.

“Sebelumnya, kami juga telah sukses mendukung pemerintah dalam mendigitalisasikan berbagai sektor industri Indonesia. Mulai dari industri kesehatan, perbankan, logistik, transportasi, ritel, hingga manufaktur,” ungkap Edi Witjara.

Sebagai milik pemerintah daerah di Tanah Papua, Bank Papua dipandang telah berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada para pemangku kepentingan, mengelola bisnis melalui praktek perbankan yang sehat, menjalankan bisnis secara profesional, serta mendorong pertumbuhan ekonomi.
Baca juga: Menko Airlangga: Inovasi digital buat ekonomi tumbuh lebih tangguh

Untuk itu, katanya, Bank Papua dan Telkom menjalin hubungan kerja sama yang profesional dengan prinsip saling memberikan nilai tambah dan manfaat bagi masing-masing perusahaan.

Direktur Utama Bank Papua F. Zendrato menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Telkom kepada pihaknya dalam mengimplementasikan aplikasi LMS.

Hal ini dianggap sejalan dengan salah satu dari lima program BPD Transformasi, yaitu Human Capital Development yang memegang peranan penting dalam pengembangan bisnis Bank Papua.

“Kami berharap dapat terus bersinergi dengan Telkom untuk mewujudkan visi Bank Papua menjadi Bank Regional yang kuat, terpercaya, berdaya saing, dan mendukung pembangunan ekonomi di tanah Papua,” ujar F. Zendrato.

Baca juga: Komputasi performa tinggi dinilai perlu topang digitalisasi perbankan

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022