Sumbar menjadi salah satu dari delapan kota di Indonesia yang dipilih PHRI untuk  PHRI Bike Tour 2022. Ini sangat besar artinya untuk mendorong pariwisata daerah. ....
Padang (ANTARA) -
PHRI Bike Tour 2022 diharapkan bisa mendorong kebangkitan pariwisata Sumatera Barat dengan memperkenalkan spot wisata dan keunggulan budaya daerah untuk mendukung Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023.
 
"Sumbar menjadi salah satu dari delapan kota di Indonesia yang dipilih PHRI untuk  PHRI Bike Tour 2022. Ini sangat besar artinya untuk mendorong pariwisata daerah. Apalagi kami juga punya program VBWS 2023," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Sabtu.
 
Ia mengatakan untuk memberikan pelayanan lebih baik bagi wisatawan, Sumbar belajar dari evaluasi libur Lebaran 2022.
 
"Banyak pelajaran yang bisa kita petik dari Lebaran 2022 seperti kemacetan, pelayanan di tempat wisata, parkir hingga kebersihan. Ini yang menjadi perhatian utama kami," katanya.

Baca juga: PHRI NTB dorong pengembangan pariwisata Samota
 
Untuk kemacetan, solusi yang dikaji adalah pembangunan tol, reaktivasi kereta api hingga pembangunan jalan baru.
 
Sementara itu untuk pelayanan dan kebersihan di tempat wisata termasuk parkir pihaknya meminta dukungan dari kabupaten dan kota agar bisa terus diperbaiki dan ditingkatkan.
 
Terkait hotel dan restoran, Mahyeldi menilai saat ini masih memadai. Apalagi beberapa daerah juga mulai membuka ruang untuk investasi perhotelan seperti Kabupaten Solok, Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.
 
"Kemudahan perizinan akan bisa menarik minat investor untuk masuk," katanya.

Baca juga: Tingkat hunian kamar hotel di Parapat Sumut masih tinggi
 
Selain itu untuk menggairahkan pariwisata Sumbar, sejumlah kegiatan tingkat nasional hingga internasional direncanakan digelar di Sumbar seperti Penas Tani, pertemuan Apeksi.
 
"Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menawarkan beberapa kegiatan internasional di Sumbar. Kami juga tengah mengupayakan pertemuan ulama internasional di Sumbar," katanya.
 
Sebelumnya Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani mengatakan PHRI Bike Bike Tour 2022 akan dimulai di Padang pada 4 Juni 2022 dan akan disusul di tujuh kota lainnya dengan jeda waktu tiga minggu.
 
Daerah yang akan menjadi tuan rumah itu di antaranya Bali (24-26 Juni 2022), Palembang (15-17 Juli 2022), Bogor (6-7 Agustus 2022), D.I. Yogyakarta (17-18 September 2022), Mandalika (4-6 November 2022), Makassar (18-20 November 2022) dan Jakarta (4 Desember 2022).

 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022