Alhamdulillah, hari ini sudah beroperasi lagi
Tanjungpinang (ANTARA) - Kapal MV Lintas Kepri tujuan Tanjungpinang-Lingga di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) kembali beroperasi setelah sempat terhenti beberapa hari akibat terkendala BBM solar subsidi.

"Alhamdulillah, hari ini sudah beroperasi lagi," kata Direktur Perseroda PT Pelabuhan Kepri Awaludin di Tanjungpinang, Sabtu.

Awaludin menyebut sebelumnya kapal penumpang antar pulau itu tidak beroperasi sejak tanggal 1 Juni 2022 karena jatah solar subsidi habis.

Ia tidak mengetahui pasti penyebab kelangkaan solar subsidi tersebut. Menurut dia, MV Lintas Kepri mendapat kuota solar subsidi sebanyak 3.000 liter untuk per trip.

Pihaknya sempat mencoba menggunakan BBM non subsidi, namun tidak menutupi kebutuhan operasional bahkan merugi hampir Rp10 juta.

"Dalam waktu dekat, kita rapat internal. Semoga ke depan tidak lagi terjadi kapal tidak berangkat karena kelangkaan solar subsidi," ucapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kepri Wahyu Wahyudin meminta ke depan persoalan serupa tidak terjadi lagi, mengingat MV Lintas Kepri menjadi kapal andalan warga Tanjungpinang ke Lingga begitu pula sebaliknya.

"PT Pelabuhan Kepri harus benahi ini, jangan sampai justru merugikan masyarakat apalagi perusahaan," ujar Ansar.

Sejak 2 Maret 2022, Mv. Lintas Kepri melayani pelayaran dari Tanjungpinang ke Lingga (Benan-Mensanak, Rejai, Sungai Tenam-Pulon-Jagoh-Daik).

Mulai tahun ini, kapal tersebut dikelola penuh oleh PT. Pelabuhan Kepri sebagai perusahaan daerah milik Pemprov Kepri.

Baca juga: Kejati Kepri selidiki penyertaan modal PT Pelabuhan Kepri

Baca juga: Kemenhub akan serahkan pengelolaan enam pelabuhan di Kepri
 

Pewarta: Ogen
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022