kita menjadi daerah yang dipilih mewakili Indonesia dalam festival tersebut
Gorontalo (ANTARA) - Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo akan mewakili Indonesia dalam Festival Tong Tong di Den Haag Belanda pada bulan September 2022.

"Alhamdulillah kita menjadi daerah yang dipilih mewakili Indonesia dalam festival tersebut," kata Pelaksana tugas (Plt) Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu di Gorontalo, Sabtu.

Pihaknya telah mempersiapkan tarian khusus yang telah lolos seleksi untuk tampil di kegiatan misi budaya yang sudah terkenal di Eropa dan berhasil menarik jutaan pengunjung itu.

Baca juga: Umat Islam di Gorontalo Utara antusias laksanakan tradisi Tumbilotohe

Pemkab juga akan memamerkan produk unggulan lokal yang dihasilkan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kita akan memamerkan produk-produk UMKM terbaik dengan harapan dapat membuka akses pemasaran untuk produk unggulan lokal masuk ke pasar internasional," katanya.

Bagi daerah ini, kata Thariq, menjadi suatu kebanggaan karena bisa terpilih tampil di ajang tahunan dunia tersebut.

Olehnya persiapan ke Belanda sangat dimatangkan agar apa yang ditampilkan nanti bisa menarik minat pengunjung.

Baca juga: Pemkab Gorontalo Utara laksanakan tradisi Tumbilotohe

Beberapa organisasi perangkat daerah terkait akan mendampingi keikutsertaan daerah itu dalam festival tersebut, di antaranya Dinas Pendidikan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM, para penari dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta rombongan terkait lainnya.

Ia berharap keikutsertaan itu akan memotivasi dan lebih mendorong kreativitas seluruh sekolah di daerah ini untuk menciptakan karya terbaik di bidang kesenian atau seni dan tari.

Baca juga: DPRD Gorontalo Utara minta penyaluran BPNT dievaluasi

Mengingat tarian yang akan ditampilkan akan ditarikan pelajar utusan dari daerah ini.

Sehingga diharapkan ikut memacu semangat pelajar maupun sekolah untuk meningkatkan minat seni dan kreasi melalui tarian daerah.

"Kita akan berupaya tampil terbaik untuk mengharumkan nama Indonesia melalui penampilan kreativitas tarian daerah dan produk-produk lokal unggulan UMKM," imbuhnya.

Baca juga: Pemkab Gorontalo Utara salurkan Bantuan Kios Akses Pangan

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022