Kami terus memantapkan setiap acara yang akan digelar dalam festival tersebut
Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara berharap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dapat menghadiri Festival Saronde yang rencananya digelar pada 9-10 Juni 2022 di Pulau Saronde, Kecamatan Ponelo Kepulauan.

"Kami terus memantapkan setiap acara yang akan digelar dalam festival tersebut dan berharap akan dihadiri langsung Pak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Pelaksana tugas (Plt) Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu di Gorontalo, Sabtu.

Rapat persiapan pun telah digelar dengan organisasi perangkat daerah penanggung jawab serta kepanitiaan dalam festival itu.

Baca juga: Gorontalo Utara wakili Indonesia di Festival Tong Tong 2022 di Belanda

Kesiapan tersebut menyangkut waktu pelaksanaan, transportasi yang akan digunakan serta agenda utama yang akan disajikan.

"Kami akan memaksimalkan penyelenggaraan Festival Saronde tahun ini sebagai upaya membangkitkan pariwisata daerah sebagai destinasi wisata Nusantara maupun dunia," kata Thariq.

Olehnya kehadiran Menparekraf sangat diharapkan apalagi masyarakat pun sangat menginginkan kehadiran tokoh itu di daerah ini.

Baca juga: Umat Islam di Gorontalo Utara antusias laksanakan tradisi Tumbilotohe

Persiapan utama lain yang dimatangkan katanya, yaitu melakukan koordinasi dengan pihak Basarnas dan TNI Angkatan Laut untuk kepentingan keamanan.

Mengingat direncanakan dihadiri langsung Menparekraf serta para kepala daerah yang tergabung dalam Badan Kerja sama Utara Utara (BKSU).

Sehingga seluruh akomodasi harus dipastikan aman. "Termasuk memastikan penanggung jawab kegiatan jelas, acaranya jelas serta seluruh personel dan bentuk-bentuk acara yang sudah siap," katanya.

Baca juga: Pemkab Gorontalo Utara laksanakan tradisi Tumbilotohe

Festival Saronde merupakan kegiatan pariwisata yang digelar tahunan. Dan pemerintah daerah bersyukur kegiatan ini telah masuk dalam Kharisma Agenda Nusantara.

"Kami berharap dampak festival ini akan mendorong kebangkitan ekonomi di sektor pariwisata maupun masyarakat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," imbuhnya.

Baca juga: Warga Gorontalo mulai memasak menu khas tradisi Lebaran Ketupat

 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022