Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meneken komitmen belanja produk dalam negeri (PDN) sebesar Rp778 miliar hingga manufaktur ekspansif merupakan pemberitaan sektor ekonomi dalam sepekan. Simak berita lainnya.

 

Kementerian PUPR sepakati belanja produk dalam negeri Rp778 miliar

 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meneken komitmen belanja produk dalam negeri (PDN) sebesar Rp778 miliar dalam Forum Business Matching (Temu Bisnis) Tahap III yang digelar di Balai Sidang Jakarta (JCC) pada 30-31 Mei 2022.

 

"Untuk Kementerian PUPR, dilakukan penandatanganan komitmen belanja PDN antara direktorat teknis, penyedia, dan produsen material peralatan konstruksi utama yang terdiri dari kontrak proyek pembangunan indoor multifunction stadium dalam rangka kejuaraan Dunia Bola Basket Tahun 2023, Paket Pembangunan Rumah Susun Bertingkat Tinggi Mahkamah Agung, Revitalisasi Danau Archipelago di TMII, serta Preservasi Jalan Pandeglang - Rangkasbitung – Cigelung," kata Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Yudha Mediawan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

 

BPS sebut kunjungan wisman April 2022 tertinggi sejak awal pandemi

 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyebut bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melalui pintu utama pada April 2022 mencapai 111.100 kunjungan dan menjadi yang tertinggi sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

 

"Angka ini tertinggi sejak awal pandemi. Ini mengindikasikan bahwa sektor pariwisata sudah mulai pulih," kata Margo saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Kamis.

 

T20: Butuh investasi 125 triliun dolar AS untuk capai emisi nol bersih

 

Lead Co-Chair Think 20 (T20) Indonesia Bambang Brodjonegoro mengatakan dunia membutuhkan investasi terkait iklim sebesar 125 triliun dolar AS untuk mencapai emisi nol bersih pada 2050, jika mengutip data The United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC).

 

"Ini termasuk investasi tahunan sebesar 32 triliun dolar AS di enam sektor utama yang menyumbang sepertiga dari produk domestik bruto (PDB) dunia tahun 2021," ungkap Bambang dalam Webinar T20 Indonesia di Jakarta, Kamis.

 

Kemenkop: Sebagian besar UMKM masih butuh Program BPUM

 

Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) Eddy Satriya menyatakan sebagian besar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih membutuhkan Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) di tahun 2022.

 

Program BPUM disebut telah meningkatkan pendapatan para pelaku usaha dan menghidupkan kembali kegiatan bisnis mereka

 

Kemenkeu: Ekspansi manufaktur topang keberlanjutan pemulihan

 

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan kinerja manufaktur Indonesia yang pada Mei 2022 masih ekspansif yaitu tercermin dari Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur di level 50,8 menunjukkan keberlanjutan pemulihan.

 

“Meski melambat jika dibandingkan bulan lalu yang mencapai 51,9 namun memang dirasakan cukup merata baik di negara maju maupun berkembang,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu di Jakarta, Jumat.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022