Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Serang memprakirakan, tinggi gelombang pesisir pantai selatan Kabupaten Lebak, Banten, mencapai 2,5 meter selama dua hari mendatang dengan kecepatan angin rata-rata 30 kilometer per jam.

Koordinator Analis Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang Halim Perdanakusumah, Selasa, menyebutkan, tiupan angin minimal enam kilometer per jam hingga 30 kilometer dengan kisaran antara lima sampai 15 knot.

Tinggi gelombang pesisir laut selatan Kabupaten Lebak berkisar antara 0,7 meter sampai 2,5 meter.

Gelombang bergerak dari arah barat dengan jarak pandang empat sampai delapan kilometer.

Begitu pula tinggi gelombang laut di pesisir Banten Utara berkisar 0,5 meter sampai 1,5 meter dengan kecepatan angin rata-rata 24 km per jam atau 12 knot.

Tiupan angin bergerak dari arah barat dan gelombang dari arah barat.

Cuaca berawan berpeluang hujan dengan intensitas sedang terjadi siang hingga sore hari.

Suhu udara pada siang hari minimal 20 derajat dan maksimal 31 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban 75 persen sampai 97 persen.

Halim mengatakan, cuaca pesisir perairan selatan Kabupaten Lebak yang meliputi Pantai Binuangeun, Suka Hujan, Cihara, Bayah, Karangtaraje, Sawarna, Pulomanuk, dan Ciantir dinyatakan berbahaya bagi nelayan serta pelaku pelayaran.

"Kami minta nelayan dengan perahu kecil atau tongkang berhati-hati jika melaut," katanya.

Halim mengimbau pengunjung wisata pada akhir pekan tidak berenang maupun bermain di sekitar kawasan pantai karena tiupan angin kencang dan gelombang cukup tinggi.

Ia menyebutkan, BMKG mengeluarkan peringatan kewaspadaan bagi nelayan dan pelaku pelayaran di pesisir pantai Selatan Kabupaten Lebak.

Saat ini gelombang laut di perairan Samudera Hindia cukup tinggi hingga berpeluang tiga meter.

Karena itu, kata dia, pihaknya telah menyampaikan informasi cuaca kepada pemerintah daerah, nelayan dan Kesyabandaran Binuangeun untuk mencegah korban kecelakaan laut.

"Sebaiknya, kami sarankan nelayan pesisir selatan Lebak tidak melaut karena tinggi gelombang mencapai 2,5 meter dan angin kencang rata-rata 30 km per jam. Itu sangat berbahaya bagi nelayan tradisional," katanya. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012