Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI sekaligus Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana mengatakan museum di Indonesia harus bangkit dengan memiliki inovasi pengelolaan dan layanan yang sejalan kebutuhan masyarakat dan tantangan zaman.

“Langkah tersebut harus dilakukan karena keberlangsungan museum di masa pandemi COVID-19 menjadi satu tantangan berat bagi para pengelola museum,” kata Putu Supadma dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Hal itu dikatakan Putu di depan ratusan pengurus dan anggota AMI dalam acara Silaturahim dan Pertemuan Museum Se-Indonesia di Hotel Kuta Paradiso, Badung, Bali, Sabtu (4/6).

Baca juga: Komisi V harap "flyover" Kopo di Bandung urai kemacetan

Putu berharap agar Asosiasi Museum Indonesia (AMI) terus mampu melangkah maju demi penguatan kebudayaan bangsa dan peradaban dunia.

"Kegiatan AMI kali ini tentu sejalan dengan semangat kita bersama untuk memulihkan kepariwisataan Indonesia, khususnya Bali yang merupakan destinasi utama kepariwisataan nasional akibat dampak pandemi COVID-19,” ujarnya.

Dia menilai pertemuan tersebut merupakan momentum yang sangat langka karena prakarsa dan pelaksanaan kegiatan merupakan swadaya dari keluarga besar AMI dan dihadiri secara fisik oleh museum seluruh Indonesia.

Baca juga: Ketua DPR saksikan Formula E penuhi undangan Gubernur DKI Jakarta

Langkah itu, menurut dia, bertujuan agar bersama bersinergi bangkit dan melangkah maju menggaungkan kembali kemuliaan dan kejayaan warisan budaya Nusantara.

"Ini menjadi peran penting dan strategis Asosiasi Museum Indonesia untuk mengawal, mengkonsolidasikan, dan mengkoordinasikan museum-museum di Indonesia. “Melalui pertemuan ini akan dapat dirumuskan berbagai inovasi pengelolaan museum ke depannya. Dan akan tergaung kesadaran dan semangat cinta museum sehingga setiap insan mengetahui, memahami, dan merasakan tak terhingganya nilai kekayaan bangsa Indonesia,” katanya.

Putu mengatakan AMI bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk bersama memajukan museum Indonesia, merevitalisasi jati diri, dan kepribadian bangsa Indonesia.

Baca juga: Anggota DPR mengajak budayakan komunikasi digital bernilai Pancasila

Menurut dia, upaya keterpaduan itu diharapkan dapat terjalin suatu hubungan yang saling asah, asih, dan asuh sehingga memungkinkan terjadinya akselerasi penyebaran gagasan serta implementasi nilai-nilai luhur kultural bangsa dalam kehidupan kemasyarakatan.

Dalam acara silaturahim AMI tersebut dihadiri secara daring Pimpinan Komisi X DPR RI Dede Yusuf dan anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022