kami ingatkan jamaah untuk sering minum, tidak menunggu haus agar tidak dehidrasi
Jakarta (ANTARA) - Petugas Promosi Kesehatan (Promkes) haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) terus menggiatkan sosialisasi kesehatan bagi jamaah calon haji sejak mereka turun dari pesawat setelah mendarat di Bandara AMAA Madinah.

"Jamaah kita ajak lakukan peregangan agar lebih rileks karena sudah menempuh penerbangan dalam waktu cukup lama," kata petugas Promkes PPIH Sri Dalyanti di Madinah, Minggu.

Sri yang dihubungi dari Jakarta mengatakan, sebanyak 40 orang petugas Promkes akan bergerak ke semua daerah kerja (daker) untuk melakukan edukasi kepada jamaah terkait menjaga kesehatan termasuk menjaga diri agar tidak kelelahan.

Menurut dia, sosialisasi dimulai sejak kedatangan jamaah gelombang satu di bandara sampai ke hotel lewat berbagai sarana baik penyuluhan langsung maupun video yang sudah ditayangkan dari embarkasi sebelum keberangkatan jamaah.

Baca juga: Jamaah diingatkan tetap waspada selama beribadah di Masjid Nabawi
Baca juga: Seorang calon haji Embarkasi Jakarta meninggal di Madinah

Ia juga terus mengingatkan agar jamaah sering minum, tidak menunggu haus agar tidak dehidrasi mengingat cuaca di Arab Saudi yang panas hingga mencapai 45 derajat Celsius.

"Selain alat pelindung diri seperti topi, payung, tabur surya, sandal, cairan penyanitasi tangan, kami ingatkan jamaah untuk sering minum, tidak menunggu haus agar tidak dehidrasi," katanya.

Karena cuaca yang panas, petugas juga menyemprotkan air ke wajah jamaah agar tidak kepanasan, mulai saat turun dari bus ke hotel maupun di Masjid Nabawi.

Jamaah paling lama sembilan hari di Madinah melaksanakan ibadah Arbain atau shalat berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi sebelum bergerak ke Mekkah untuk melaksanakan umrah wajib dan haji.

Berdasarkan data pada hari kedua operasional penyelenggaraan ibadah haji, sebanyak 3.169 jemaah diberangkatkan ke Arab Saudi yang tergabung dalam delapan kelompok terbang (kloter) dari lima embarkasi.

Sebelumnya pada hari pertama, Sabtu (4/6), sebanyak 2.776 jemaah dari lima embarkasi sudah diberangkatkan ke Arab Saudi. Hingga total jemaah yang diberangkatkan sampai hari ini sebanyak 5.945 orang.

Baca juga: Kemenag: 3.169 calon haji diberangkatkan hari ini

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022