Jakarta (ANTARA News) - Menpora Andi Mallarangeng mengatakan bahwa pihaknya akan segera menetapkan calon ketua Satuan Pelaksana (Satlak) Prima baru untuk menggantikan Tono Suratman yang juga merangkap sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Saya akan bertemu dengan Pak Tono Suratman hari ini, Selasa, untuk berbicara mengenai kepengurusan KONI dan Satlak Prima, termasuk mengganti Pak Tono," kata Andi Mallarangeng di Gedung Serbaguna KONI, Senayan, Jakarta, Selasa.

Andi Mallarangeng mengatakan bahwa kepengurusan Satlak Prima menjadi penting untuk segera diselesaikan dengan menemukan ketua baru, karena dengan begitu KONI akan segera berfungsi secara maksimal untuk fokus dalam persiapan PON dan Olimpiade.

Dalam pertemuan tersebut juga akan dibicarakan mengenai hasil mediasi yang telah dilakukan Ketua KONI terpilih periode 2011-2015.

"Saya sudah menugasi Pak Tono untuk memediasi PSSI, dan beliau ingin menyampaikan beberapa hal kepada saya," tambah Andi Mallarangeng.

Menpora juga menjelaskan bahwa permasalahan di tubuh PSSI akan diselesaikan melalui mekanisme arbitrase upaya mediasi tidak membuahkan hasil.

"Langkah pertama adalah mediasi. Kalau nanti mediasi tidak berhasil, saya mengarahkan untuk arbitrase dan itu menjadi kewenangan KONI," jelasnya.
(T.F013/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012