Daerah Sulbar ini daerah yang terkenal aman dan kondusif hendaknya itu dipertahankan demi mendukung lancarnya investasi masuk ke Sulbar untuk meningkatkan ekonomi pada tahun ini.
Mamuju (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Barat mengatakan, rasa aman dan situasi kondusif perlu terus diciptakan dalam rangka mendukung meningkatnya iklim investasi.

"Daerah Sulbar ini daerah yang terkenal aman dan kondusif hendaknya itu dipertahankan demi mendukung lancarnya investasi masuk ke Sulbar untuk meningkatkan ekonomi pada tahun ini," kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Rabu.

Ia meminta agar aparat TNI dan Polri yang ada di Provinsi Sulbar bekerja dengan maksimal mendukung terciptanya situasi aman dan kondusif tersebut dan dengan memaksimalkan kinerjanya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"TNI dan Polri selama ini sudah membantu pemerintah menjaga keamanan di Sulbar, hingga dapat terus kondusif, itu harus dipertahankan," katanya.

Ia juga meminta masyarakat mempertahankan keamananan yang telah tercipta itu, dengan tidak melakukan sesuatu yang bisa membuat situasi tidak kondusif tetapi menjaga kerukunan agar tercipta masyarakat yang dinamis yang mau giat membangun daerah

Ia mengatakan, situasi di Sulbar perlu terus dijaga dan dipertahankan agar investasi yang diharapkan tumbuh di Sulbar dapat dipertahankan dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

Menurut dia, tahun 2012 terdapat sejumlah proyek investasi yang akan berjalan diantaranya pembangunan PLTA Karama dan Jalan Arteri di Kabupaten Mamuju yang akan dibangun investor China.

Selain pembangunan industri rotan yang akan dipusatkan di Mamuju setelah industri rotan Cirebon disepakati akan dipindahkan ke Mamuju, kemudian pembangunan pelabuhan perikanan nusantara (PPN) di Kabupaten Majene dan pembangunan pelabuhan kontainer di pelabuhan Belang Belang Mamuju.

Gubernur juga mengatakan, pada tahun ini juga akan dibangun sejumlah infrastruktur pendukung investasi yakni bendungan Tommo di Kabupaten Mamuju yang akan menjadi sumber pengairan petani di daerah itu dan akan menjadi pendukung masuknya investasi dibidang pertanian.

"Saya berharap infrastruktur proyek investasi dan pendukung investasi itu dapat dilaksanakan tentunya dengan tetap memelihara situasi agar tetap berlangsung aman dan kondusif," katanya.

(KR-MFH)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012