Jakarta (ANTARA) - Raksasa teknologi Apple mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan generasi baru CarPlay yang akan diintegrasikan lebih dalam ke sistem penggerak inti mobil seperti dikutip dari Hindustan Times pada Selasa.

Apple Carplay generasi terbaru akan dapat menyediakan konten untuk semua layar pengemudi di dalam kendaraan, menampilkan data yang terkait dengan kecepatan, tingkat bahan bakar, dan jarak tempuh.

Meskipun perangkat lunak tersebut tidak akan sepenuhnya terungkap hingga akhir tahun depan, perusahaan tersebut telah bekerja sama dengan pembuat mobil seperti Ford, Nissan, Mercedes-Benz, dan Honda Motor.

Baca juga: Intip fitur baru yang hanya ada iPhone 14 versi Pro

Apple Carplay terbaru menghubungkan lebih dalam ke sistem penggerak inti dan perangkat keras kendaraan dibandingkan dengan versi sebelumnya yang sebagian besar terbatas hanya pada tampilan infotainment kendaraan, dan untuk fungsi seperti memutar musik dan menavigasi peta.

Perangkat lunak baru yang akan datang bahkan akan memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan suhu kursi dan kabin tanpa harus keluar dari aplikasi CarPlay.

Dengan antarmuka pengguna yang konsisten dan terpadu, Apple CarPlay mendatang akan menghadirkan yang terbaik antara iPhone dan mobil. Perangkat lunak itu juga akan menampilkan widget yang didukung oleh iPhone saat memasangnya di layar mobil.

CarPlay generasi berikutnya tidak hanya terbatas pada layar infotainment tetapi juga akan menggerakkan seluruh instrumen cluster kendaraan, membantu pengemudi melihat informasi penting secara sekilas, tanpa harus mengubah sudut pandang mereka.

Pemilik mobil juga dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa kluster instrumen mereka melalui CarPlay dengan memilih warna yang berbeda, perawatan dial, tema, tata letak, dan latar belakang.

Apple CarPlay telah ada di kendaraan sejak 2014. Saat ini tersedia di lebih dari 600 model di seluruh dunia, dan bahkan di beberapa kendaraan roda dua.

Apple mengumumkan bahwa CarPlay tersedia di lebih dari 98 persen kendaraan di AS sementara 79 persen pembeli kendaraan di negara itu hanya akan mempertimbangkan untuk membeli kendaraan yang bekerja dengan CarPlay. 

Baca juga: Sederet fitur dan charger baru di MacBook chip M2

Baca juga: Eropa lanjutkan pembahasan "charger" tunggal pada 7 Juni

Baca juga: iPad, tablet terlaris di dunia awal 2022

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022