Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai literasi digital masyarakat masih perlu terus ditingkatkan pada era serba teknologi saat ini.

"Peningkatan penggunaan teknologi perlu diimbangi literasi digital yang mumpuni supaya masyarakat bisa memanfaatkan teknologi digital secara produktif dan tepat guna," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam video sambutan webinar "Ngobrol Bareng Legislator - Jangan Asal Curhat di Media Sosial", Selasa.

Berdasarkan survei literasi digital yang diadakan kementerian tahun lalu, indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada di angka 3,49 dari skala 5.

Baca juga: Menkominfo perkuat kerjasama sektor digital dalam pertemuan bilateral

Nilai tersebut menunjukkan kecakapan digital masyarakat tergolong sedang, belum mencapai kategori baik sehingga masih perlu ditingkatkan.

Peningkatan kemampuan literasi digital masyarakat adalah sebuah keharusan karena penggunaan teknologi digital semakin meningkat. Kepentingan literasi digital semakin besar akibat pandemi virus corona yang menyebabkan adopsi teknologi meningkat supaya kegiatan sehari-hari bisa berlangsung dari jarak jauh.

Kominfo mengutip survei dari Hootsuite dan We Are Social, pada awal tahun ini pengguna internet Indonesia mencapai 204,7 juta orang, naik 2,1 juta dari tahun 2021.

"Saya yakin angka ini akan terus meningkat dari tahun ke tahun," kata Semuel.

Penggunaan internet yang begitu masif di kalangan masyarakat juga meningkatkan risiko, seperti paparan hoaks, konten negatif, perundungan siber sampai penipuan di dunia maya.

Berkaitan dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia dalam bidang digital, Kominfo sejak beberapa tahun belakangan mengadakan program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, yang bisa diikuti masyarakat secara umum.

GNLD Siberkreasi merupakan program literasi digital tingkat dasar, mencakup empat kurikulum yaitu kecakapan digital, keamanan digital, etika digital dan kebudayaan digital.

Tahun lalu, Kominfo menyatakan program ini menjangkau lebih dari 12 juta orang di 515 kabupaten dan kota di 34 provinsi.

Baca juga: Kementerian Kominfo minta Pemkab OKU Timur sosialisasikan TV digital

Baca juga: Kominfo dukung pengembangan komunitas digital di ASEAN

Baca juga: Menkominfo minta distribusi bantuan STB dipercepat

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022