Bengkulu (ANTARA News) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, gelombang laut di perairan Bengkulu 12 jam ke depan mencapai empat, meskipun saat ini tingginya prediksi 3,5 meter.

Gelomang laut empat meter itu juga berpeluang terjadi di Barat Bengkulu hingga perairan Lampung, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Kamis.

Ia menjelaskan, gelombang laut di perairan Bengkulu pada pekan ini diperkirakan tingginya berkisar tiga hingga empat meter karena hembusan angin dari arah barat hingga Barat laut kecepatannya mencapai 22 knot.

Kecepatan angin di perairan Bengkulu berkisar antara 05-21 knots, terutama dari arah Barat hingga Timur laut, sedangkan gelombang lautnya berkisar antara 1,5 hingga 3,5 meter.

Angin di perairan Enggano berpeluang berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan antara 08-22 knots, di wilayah itu berpeluang berawan dan turun hujan ringan.

Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca, terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Sumatera bagian Utara, Barat hingga Selatan, dan Samudera Hindia Barat Nias hingga Selatan Jawa.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan antara 08 sampai dengan 38 kilometer perjam atau atau antara 05-21 knots.

Sedangkan cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan pada umumnya terjadi berawan dan berpeluang hujan ringan pada sore hingga malam hari, suhu udaranya berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban antara 63-97 persen, ujarnya. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012