Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat mengatakan Rabu, bahwa pihaknya berencana akan menjadi tuan rumah pembicaraan tingkat tinggi bulan ini dengan Jepang dan Korea Selatan mengenai masalah kawasan, termasuk situasi di Korea Utara setelah kematian Kim Jong-Il.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Victoria Nuland mengatakan, bahwa Kurt Campbell, asisten menteri luar negeri untuk Asia Timur dan Pasifik, akan menjadi tuan rumah pembicaraan dengan timpalannya dari Jepang dan Korea Selatan, lapor AFP.

Tapi Nuland mengatakan, dia belum bisa mengumumkan tanggal.

Para pejabat ketiga negara akan "membahas tentang semua isu-isu regional, tetapi termasuk terbanyak dalam pendekatan kita terhadap DPRK," atau Korea Utara, katanya.

Pada awal bulan ini Campbell mengunjungi Beijing, Seoul dan Tokyo untuk mendiskusikan Korea Utara dan hal-hal lain dengan para pejabat di negara-negara tersebut.

Kematian Kim akibat serangan jantung pada 17 Desember telah memicu kekhawatiran stabilitas negara miskin tetapi bersenjata nuklir itu, di mana putra bungsunya, Kim Jong-Un yang belum teruji telah mengambil kendali kekuasaan. (AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012