Pelaksanaan pemilukada Aceh sebaiknya ditunda sementara dan dilaksanakan secara serentak dalam situasi kondusif.
Jakarta (ANTARA News) - Ketua "Desk" Aceh DPR RI Priyo Budi Santoso mengusulkan agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pemilukada) gubernur dan wakil gubernur Aceh ditunda menyusul terjadinya serangkaian gangguan keamanan di Aceh.

"Pelaksanaan pemilukada Aceh sebaiknya ditunda sementara dan dilaksanakan secara serentak dalam situasi kondusif," kata Priyo Budi Santoso di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Priyo juga mengusulkan agar pelaksanaan pemilukada Aceh mengakomodasi seluruh kalangan agar tidak ada kelompok masyarakat yang tidak dilibatkan.

Wakil Ketua DPR RI ini mengusulkan agar semua pihak yang berwenang dalam pelaksanaan pemilukada Aceh ini bisa bersikap bijaksana dengan mengambil keputusan yang lebih matang berdasarkan pendekatan hati nurani daripada prosedural.

"Sebaiknya mengutamakan kebijakan dan nurani daripada pendekatan prosedural, karena Aceh adalah daerah pasca-konflik yang perlu dikelola secara khusus," katanya.

Berdasarkan tahapan penyelenggaran pemilukada yang ditetapkan KIP, pemilukada Aceh akan diselenggarakan pada 16 Februari 2012 dan diikuti oleh empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.(R024)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012