Jakarta (ANTARA News) - Markas Besar Kepolisian Negara RI (Mabes Polri) segera mengirimkan 780 personel untuk mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Aceh.

"Kondisi di Aceh saat ini aman dan kondusif. Polri akan mengirim 780 personel yang akan `back up dan stand by` di sana dan untuk menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS) kita serahkan ke Polda Aceh yang mengaturnya," kata Kepaala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution di Jakarta, Jumat.

Rencana pengiriman personel pengamanan termasuk personel dari Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror untuk Pilkada di Aceh, Saud menyatakan rencananya seminggu sebelum Pilkada dilaksanakan secara serempak.

"Makanya kita imbau kepada semua masyarakat serta semua pihak untuk berpartisipasi untuk melaksanakan pemantauan di Aceh dan tidak perlu ada pengunduran Pilkada," kata Saud.

Polri juga segera mengamankan para calon kepala daerah menjelang Pilkada di Aceh yang serentak dilaksanakan pada 16 Februari 2012.

Hal ini terkait beberapa rangkaian kejadian penembakan oleh orang tak dikenal di Aceh termasuk di rumah Wakil Ketua DPRK Aceh Utara Misbahul Munir di Desa Keude Krueng, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Selasa (10/1).

Sebanyak 115 pasangan calon kepala daerah bakal bersaing pada Pilkada Aceh yang dijadwalkan digelar serentak 16 Februari 2012. (ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012