Di antara 33 provinsi, ada 16 provinsi yang berhasil menekan angka kemiskinan hingga 10 persen, dan Gorontalo selama 5 tahun selalu rangking pertama dengan nilai 10,33 persen.
Gorontalo (ANTARA News) - Provinsi Gorontalo masuk dalam 3 provinsi nominator Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) se-Indonesia, demikian dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Penanggulangan Kemiskinan (BPMDPK) Provinsi Gorontalo, Ishak Ntoma, Sabtu.

"Kita berharap jadi juara satu, melengkapi prestasi kita dalam menanggulangi kemiskinan," ujarnya.

Disebutkan, sesuai rilis Bappenas, Gorontalo selama lima tahun berturut-turut berhasil meraih rangking teratas dalam penanggulangan kemiskinan secara nasional.

"Di antara 33 provinsi, ada 16 provinsi yang berhasil menekan angka kemiskinan hingga 10 persen, dan Gorontalo selama 5 tahun selalu rangking pertama dengan nilai 10,33 persen," jelasnya.

Salah satu faktor pendorong prestasi tersebut adalah program pemberian TKD (tunjangan kinerja daerah) kepada kepala desa, lurah, dan camat se provinsi.

Penilaian pemberian TKD dilakukan oleh dinas terkait disesuaikan dengan potensi di masing-masing desa/kelurahan dan kecamatan.

"Kalau potensi yang dominan perikanan, maka yang menilai kinerja desa adalah dinas perikanan, demikian juga jika pertanian, perkebunan, atau peternakan," jelasnya.

Dijelaskan, ada tiga indikator yang dijadikan dasar dalam penilaian, yaitu pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat.

"Komitmen pemerintah provinsi, kabupaten dan kota untuk mengentaskan kemiskinan di daerahnya, serta koordinasi yang baik seluruh instansi terkait mampu mengurangi angka kemiskinan di desa/kelurahan di Gorontalo," ungkapnya.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012