Roma (ANTARA News/AFP) - Pelatih Inter Milan, Claudio Ranieri, mengakui kalau anak-anak asuhnya harus mengalahkan tim sekota, AC Milan, untuk mempertahankan peluang mengejar gelar juara liga.

Dua klub raksasa Milan ini akan berhadapan di San Siro pada Minggu malam, di mana pertandingan ini merupakan salah satu pertandingan yang paling dinanti-nanti sepanjang musim.

Milan saat ini berbagi posisi puncak klasemen dengan Juventus, sementara Inter yang tertinggal delapan poin menghuni posisi kelima.

Si biru-hitam harus membayar untuk perjalanan awal musim yang sangat buruk, di mana mereka hanya meraih dua kemenangan dari sembilan pertandingan pertama musim ini.

Bagaimanapun, lima kemenangan berturut-turut dan tujuh kemenangan dari delapan pertandingan terakhir telah membuat Inter masih berpeluang untuk menjadi juara.

Namun kekalahan akan hampir membunuh harapan mereka - walau Ranieri tidak secara tersirat menyatakan hal demikian.

"Hal terpenting dari pertandingan besok adalah tiga poin," paparnya pada konferensi pers Sabtu.

"Jika kami menang, kami akan meletakkan diri kembali ke jalur untuk melakukan sesuatu yang penting, dan Milan akan kehilangan poin."

"Jika kami kalah, kami akan kembali ke tempat sebelumnya, namun masih ada waktu untuk melakukan perlawanan demi kembali ke sana."

Di saat bekas klubnya, Juventus, kemungkinan besar akan menjadi pemenang pada pertandingan Minggu, Ranieri menegaskan kalau ia perlu timnya untuk memenangi konfrontasi langsung dengan pada rival yang mengincar gelar juara liga, menyusul tiga kekalahan yang telah diderita pada musim ini.

"Beberapa kali saya telah mengatakan kalau saya ingin kami memenangi pertandingan yang diperhitungkan. Saya mengatakannya saat melawan Napoli, melawan Juventus, dan melawan Udinese," ucapnya.

"Pertandingan derby penting untuk tiga poin. Pada Oktober kami kalah dari Napoli, dan kemudian kami kalah dua kali dari Juventus dan Udinese."

Ranieri dapat memainkan pengatur permainan Wesley Sneijder, penyerang Diego Forlan, dan bek Christian Chivu, yang telah pulih dari cedera, sementara hanya gelandang Dejan Stankovic yang akan absen.

Dengan demikian, mantan pelatih Chelsea dan Juventus ini memiliki lebih banyak pilihan daripada pertandingan-pertandingan sebelumnya musim ini, dan akan membuat beberapa pemain harus menghuni bangku pemain cadangan.
(H-RF/A020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012